Media Asuransi, JAKARTA – PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), melalui anak usahanya, PT Indonesia Entertainment Group (IEG), akan berinvestasi pada RANS Entertainment milik Raffi Ahmad. Dengan investasi ini, IEG akan menyuntik dana sebesar Rp248 miliar untuk kepemilikan 17% saham pada RANS Entertainment, yang akan menerbitkan saham baru.
Kerja sama bisnis ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan market share dan bisnis SCMA atas pasar media di Indonesia.
Sekretaris Perusahaan Elang Mahkota Teknologi, Titi Maria Rusli, menjelaskan bahwa Indonesia Entertainment yang merupakan anak usaha dari PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), anak usaha dari Elang Mahkota Teknologi melihat potensi kolaborasi jangka panjang dengan RANS Entertainment.
Baca juga: Harga Batubara Meroket, HBA Naik 33 Persen
“Kolaborasi ini dalam hal konten, event, dan berbagai acara hiburan serta media sehingga diharapkan dapat menciptakan sinergi dan pertumbuhan bagi perseroan. Grup berharap dengan adanya kerjasama bisnis ini bisa mendukung pertumbuhan market share dan bisnis grup perseroan atas pasar media di Indonesia,” jelas Titi dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Dengan adanya transaksi ini, perseroan berharap bisa mendapatkan sinergi bisnis dengan RANS Entertainment. Pasalnya, klien dan para pengiklan di Elang Mahkota bisa mendapatkan one-stop service dari ekosistem grup yang sedang berkembang. Selain itu, perseroan juga bisa mendapatkan pertumbuhan market share yang bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan profitabilitas perseroan.
Sementara sebelumnya, Founder RANS Entertainment, Raffi Ahmad, berharap dengan adanya investasi ini, kedua organisasi bisa menjadi kekuatan ekosistem media yang tidak tertandingi di Indonesia. Hal ini diperkuat pula oleh dukungan dan akses dari digital business yang ada dalam ekosistem Emtek, seperti Bukalapak, Dana, dan Grab.
“Selamat datang Surya Citra Media yang sekarang menjadi bagian dari keluarga RANS. Saya sangat optimistis bersama-sama kami akan membuat gebrakan-gebrakan baru di dunia digital Indonesia, saya yakin ini akan menjadi sinergi yang sangat luar biasa untuk memajukan RANS grup,” ungkap Raffi.
Baca juga: Pandemi Malah Bikin Kinerja Cashlez Makin Meningkat
Adapun saat ini, RANS Entertainment telah berhasil menggalang lebih dari 108 juta followers dari berbagai social media platform seperti YouTube, Instagram, TikTok dan Facebook. RANS YouTube channel menduduki posisi channel keluarga nomor 1 di Asia, dengan portofolio lebih dari 2.000 konten, dan juga meraih most viewed dengan lebih dari 4 miliar views.
RANS juga memiliki berbagai digital asset dan intellectual properties program animasi, seperti Si Aa dan Lorong Waktu si Aa. RANS juga merambah ke industri musik melalui RANS Music. Keahlian RANS Entertainment dalam menggalang viewership dan engagement yang tinggi juga menjadi resep utama keberhasilan Toko Mama Gigi.
Tidak hanya bergerak di bidang media, konten dan kreatif, RANS mulai merambah ke area sport dan juga e-sports, melalui RANS Cilegon FC, RANS PIK Basketball dan RANS E-SPORT.
Sementara IEG adalah sudah melahirkan berbagai ide kreatif dan konten berkualitas untuk produksi film layar lebar, sinetron, FTV, OTT original series, program musik, komedi, hingga branded content.
IEG telah membangun partnership dengan berbagai content creators dan menaungi sejumlah content production seperti Sinemart, ScreenPlay Film, Base Entertainment, Sky Films, VIP, IEP.
Tak hanya itu, IEG juga memiliki beragam unit usaha lainnya yang bergerak di bidang talent, influencer dan creator management seperti dr. m, FAS dan 1ID Entertainment. Tak berhenti sampai di situ, IEG juga membawahi sebuah perusahaan event production yakni Samara Live. Aha
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News