1
1

Tingkatkan Kinerja, Amar Bank Bangun Ekosistem Digital

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Bank Amar. | Foto: Bank Amar

Media Asuransi – PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) berkomitmen untuk berperan dalam ekonomi digital di Indonesia dengan membangun ekosistem digital melalui pinjaman digital Tunaiku dan Digital Bank, Senyumku, yang dapat diakses dengan mudah hanya melalui mobile app. Melalui teknologi big data dan AI, Tunaiku diharapkan dapat membantu masyarakat untuk bijak dan bertanggungjawab dalam menggunakan pinjaman untuk kebutuhan produktif, sementara Senyumku hadir untuk membantu masyarakat membangun kebiasaan menabung dan perencanaan keuangan yang baik.

Menurut data Hootsuite, Indonesia memiliki pengguna internet yang terus meningkat, tercatat jumlahnya mencapai 202,6 juta pada 2021, meningkat 16 persen year on year (yoy) dengan penetrasi internet mencapai 73,7 persen. Terdapat 345,3 juta koneksi seluler di Indonesia, dan jumlah ini setara dengan 125,6 persen dari total populasi. Sementara itu pengguna sosial media juga meningkat sebesar 6,3 persen yoy dan mencapai 170 juta pengguna atau setara dengan 61,8 persen dari total populasi pada Januari 2021. Dengan penetrasi internet yang besar dan semakin meningkat, potensi ekonomi digital di Indonesia diproyeksikan mencapai 124 miliar dolar AS pada tahun 2025 mendatang.

Melihat peluang ini, Amar Bank dengan filosofi bahwa teknologi harus meningkatkan kehidupan masyarakat. Per 30 Juni 2021, aplikasi pinjaman digital, Tunaiku telah diunduh sebanyak 6,7 juta kali, menerima lebih dari 9 juta aplikasi pinjaman, dan berhasil memfasilitasi 600.000 lebih total pencairan pinjaman. Pinjaman ini terkonsentrasi pada tiga tujuan produktif yakni renovasi rumah sebanyak 36 persen, modal usaha sebesar 25 persen, dan pendidikan sebesar 13 persen.

Sejak diluncurkan di tahun 2014, Tunaiku telah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp5,8 triliun bagi mayoritas masyarakat dan pengusaha mikro yang belum tersentuh layanan perbankan (unbanked) dan mereka yang kesulitan mendapatkan akses pinjaman dari lembaga keuangan formal (underserved). Tunaiku juga berkontribusi besar terhadap portofolio penyaluran kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Amar Bank yang telah mencapai 47 persen dari total portofolio kredit bank, angka ini lebih tinggi dari regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mensyaratkan sebesar 20 persen.

|Baca juga: “Ngopi Bareng Bang Amar”, Program Literasi Keuangan dari Amar Bank

Executive Vice President Retail Banking Amar Bank, Abraham Lumban Batu, mengatakan bahwa melihat potensi ekonomi digital Indonesia, perseroan memusatkan pengembangan ekosistem digitalnya melalui produk pinjaman digital, Tunaiku dan bank digital, Senyumku untuk hadir dalam berbagai momen kehidupan dan kebutuhan masyarakat. “Dengan membuka akses seluas-luasnya bagi inklusi keuangan dan meningkatkan literasi keuangan masyarakat, Amar Bank terus berupaya untuk menyediakan solusi bagi kebutuhan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup melalui pengelolaan keuangan yang bijak,” katanya dalam public expose secara daring, Rabu, 25 Agustus 2021.

Di sisi lain, strategi bisnis ke depan dititikberatkan pada pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) dan pinjaman kepada UKM. “Amar Bank tetap menjaga pertumbuhan DPK dan pinjaman kepada sektor UKM selama masa pandemi. Sebagian besar DPK adalah dari sektor retail. Dalam rangka penyaluran kredit kepada sektor UKM, Amar Bank melakukan penjajakan kembali kerja sama dengan penyelenggara financial technology. Tentunya, dengan tetap mengedepankan pelayanan terbaik kepada nasabah dan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran pinjaman,” ungkap SME, Corporate and Operations Director Amar Bank, Eka Banyuaji, dalam kesempatan yang sama.

Setelah melihat adanya sentimen positif perbaikan ekonomi pada akhir tahun 2020, Bank mulai meningkatkan penyaluran kredit dengan tetap mengutamakan prinsip kehati-hatian. Di tahun 2021 ini, kredit yang disalurkan perseroan terus mengalami peningkatan, posisi loan book tumbuh dari Desember 2020 sebesar Rp1,71 triliun menjadi Rp1,86 triliun pada Juni 2021. Di sisi lain, penghimpunan dana dari masyarakat tetap tumbuh secara positif, terlihat dari saldo DPK yang tumbuh sebesar 29 persen year on year, dari Rp1,75 triliun menjadi Rp2,26 triliun.

|Baca juga: Amar Bank Kembangkan Intelligence Banking dengan Manfaatkan AI

Pendapatan bunga bank pada semester I/2021 sebesar Rp291 miliar, tumbuh 26,63 persen dibandingkan pada semester II/2020 sebesar Rp230 miliar. Bank juga mengelola cost of fund-nya dengan baik, tecermin dalam pendapatan bunga bersih yang tumbuh sebesar 24 persen selama semester I/2021, dibandingkan dengan semester sebelumnya.

Executive Vice President Finance Amar Bank, David Wirawan, mengatakan bahwa terlepas dari tantangan yang dihadapi selama pandemi Covid-19, kinerja keuangan Amar Bank masih mampu melampaui rata-rata kinerja industri perbankan. Pertumbuhan DPK Amar Bank sepanjang 2020 memperlihatkan angka yang positif sebesar 25,32 persen, lebih tinggi dari rata-rata industri perbankan yang berada di angka 11,11 persen. Sementara itu, dalam 5 bulan pertama di 2021, Amar Bank mencatatkan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar 4,06 persen, lebih tinggi diatas rata-rata industri perbankan yang tercatat di angka 0,5 persen.

“Amar Bank melakukan penyesuaian bisnis dengan melakukan pengetatan penyaluran kredit di tahun 2020, menyusul kontraksi perekonomian Indonesia akibat pandemi Covid-19 sebagai upaya pertumbuhan bisnis jangka panjang yang berkelanjutan. “Namun demikian, kami optimistis untuk terus meningkatkan kinerja bank melalui akselerasi pengembangan ekosistem digital kami,” ujar President Director Amar Bank, Vishal Tulsian.

Tahun 2021 adalah tahun pertama Amar Bank menerbitkan Laporan Keberlanjutan yang merangkum aksi keuangan berkelanjutan yang telah dilakukan di tahun 2020 sebagai wujud komitmen perusahaan untuk memanfaatkan teknologi dalam memberikan dampak positif dalam aspek sosial, lingkungan, dan tata kelola. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial yang mengiringi praktik keuangan berkelanjutan dan inklusi keuangan, Amar Bank secara konsisten menjalankan berbagai kegiatan literasi keuangan digital bagi masyarakat. Edi

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post CIMB Niaga Syariah Luncurkan Layanan Premium CIMB Preferred Syariah
Next Post MSIG Indonesia Luncurkan Asuransi Kendaraan Bermotor dengan Layanan Telematika Canggih & Lengkap

Member Login

or