Media Asuransi, JAKARTA – PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mencatatkan pertumbuhan total tertanggung sebesar 13 persen di semester I/2022 dibandingkan semester I/2021 atau secara year on year (yoy). Jumlah tertanggung Astra Life pada semester I/2021 tercatat sebanyak 3,3 juta, kemudian meningkat menjadi 3,72 juta jiwa di periode yang sama tahun ini.
Selain itu, pada semester I/2022 ini Astra Life membukukan pertumbuhan nilai Gross Written Premium (GWP) sebesar 3 persen, di tengah kondisi makro ekonomi yang masih cenderung fluktuatif. Total aset tumbuh 11 persen, dari Rp6,6 triliun di semester I/2021 menjadi Rp7,4 triliun di periode yang sama tahun ini.
Dalam keterangan resmi, Jumat, 29 Juli 2022, disebutkan bahwa Astra Life juga telah memenuhi kewajibannya kepada nasabah melalui pembayaran klaim sebesar Rp314 miliar dan tetap mampu mempertahankan tingkat solvabilitas atau Risk Based Capital (RBC) di angka 306 persen, jauh di atas ketentuan minimum Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu 120 persen.
|Baca juga: Jumlah Tertanggung Astra Life di Kuartal I/2022 Tumbuh 17%
Semester I/2022 juga menjadi momentum untuk Astra Life meluncurkan berbagai produk, seperti AVA iLife Protection yang merupakan asuransi jiwa murni dengan fleksibilitas uang pertanggungan hingga Rp5 miliar. Untuk perlindungan finansial terhadap nasabah pinjaman atau kredit multiguna dari risiko tutup usia, Astra Life meluncurkan AVA CreditPlus Protection bagi debitur di PermataBank melalui PermataHome Ready Cash. Sementara untuk produk asuransi kesehatan, Astra Life menghadirkan Flexi Hospital & Surgical dengan fitur serba digital, cashless, dan nilai premi terjangkau serta manfaat layanan kamar dan akomodasi rumah sakit hingga Rp2 juta per hari.
Tidak hanya itu, Astra Life melalui unit bisnis Syariah juga bekerja sama dengan PermataBank untuk meluncurkan produk perlindungan yang dikelola sesuai prinsip-prinsip syariah, seperti AVA iFamily Protection Syariah untuk perlindungan jiwa, dan AVA iGriya Proteksi Syariah untuk asuransi jiwa pembiayaan kumpulan syariah.
Astra Life juga terus menggiatkan kemitraan melalui kerja sama dengan sejumlah mitra berbasis teknologi layanan digital seperti Moxa melalui peluncuran Asuransi Mikro ASLI Proteksi AmanKu yang merupakan produk asuransi mikro individu dengan perlindungan kecelakaan dan harga yang terjangkau. Selain itu, kolaborasi juga dilakukan melalui kerja sama dengan Astra Pay melalui fitur pembayaran premi secara digital serta perlindungan senilai Rp 10 juta bagi pengguna Astra Pay yang melakukan upgrade akun.
Astra Life juga berupaya untuk terus fokus dalam mengoptimalkan kanal digital agar masyarakat dapat semakin mudah mengakses produk dan layanan yang ditawarkan sehingga semakin banyak lagi masyarakat yang terproteksi dengan produk asuransi jiwa. Optimalisasi kanal digital ini diwujudkan melalui e-commerce ilovelife.co.id, pembelian produk asuransi bisa semudah berbelanja online. Hal ini sesuai dengan visi Astra Life untuk hadir di setiap rumah masyarakat Indonesia sekaligus kampanye pada tahun ini yaitu #InsuranceisLove yang membawa pesan bahwa asuransi adalah wujud ungkapan cinta bagi diri sendiri maupun keluarga.
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News