Bersamaan dengan ulang tahun yang ke-26, PT Zurich Insurance Indonesia (Zurich Indonesia) memperkenalkan rangkaian platform digitalnya pada tanggal 4 Oktober 2017 di Jakarta. Inovasi plaform ini merupakan bentuk komitmen Zurich Indonesia untuk terus memberikan layanan dan perlindungan bagi masyarakat Indonesia.
Presiden Direktur PT Zurich Insurance Indonesia Philippe Danielski mengatakan bahwa digitalisasi telah mengubah cara orang dalam melakukan interaksi, mengakses informasi, dan bertransaksi. Bagi industri asuransi, lanjutnya, digitalisasi tidak hanya mengubah strategi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, tapi juga pada ekspektasi nasabah terhadap akses layanan. “Inovasi kecepatan, kemudahan, eksesibilitas, serta transparansi informasi telah menjadi sebuah kebutuhan. Calon nasabah cenderung lebih suka mencari informasi secara mandiri sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk. Karenanya penting bagi pelaku industri untuk mampu memfasilitasi kebutuhan ini,” ungkap Philippe.
Di Indonesia, digitalisasi memiliki peran yang besar dalam mengubah perilaku masyarakat. Berdasarkan World Internet Stats, Indonesia adalah negara dengan peringkat kelima di dunia dalam hal jumlah pengguna internet. Menurut Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) saat ini terdapat 132,7 juta pengguna internet di Indonesia atau sekitar 51,8 persen dari total penduduk Indonesia. Semakin banyak masyarakat yang menggunakan internet setiap tahunnya. Sebagai contoh, Indonesia diprediksi menjadi pelaku e-commerce terbesar ketiga di Asia Pasifik pada tahun 2020. “Melalui platform digital, Zurich Indonesia terus berupaya untuk memberikan nilai tambah bagi para nasabahnya. Juga melalui platform digital, nasabah diharapkan akan dapat mengakses layanan dengan lebih mudah, cepat dan nyaman. Kami akan terus berusaha untuk meningkatkan layanan yang sudah ada,” tutur Philippe.
Sejak tahun lalu, Zurich Indonesia telah mulai bertransformasi ke arah digital. Hal tersebut tercermin dari beberapa platform digital yang telah dihadirkan, pertama, Zurich Insurance Platform (ZIP), yaitu aplikasi khusus bagi agen Zurich Indonesia untuk mempermudah agen dalam memberikan layanan penawaran pembelian produk asuransi kendaraan bermotor kepada nasabah. Kedua, Zurich Clik (Z-Clik), sebuah platform untuk melakukan pembelian asuransi perjalanan secara online. Ketiga, eClaim yaitu portal online Zurich yang memungkinkan nasabah mengajukan klaim asuransi dalam satu klik. Keempat, Z-Alert yaitu aplikasi tanggap bencana yang memberikan peringatan dini tentang potensi risiko dan bencana yang ada di sekitar.
Chief Operating Officer Zurich Insurance Indonesia Dian Wibowo menjelaskan bahwa dengan keempat platform ini, nasabah dapat mengakses layanan Zurich Indonesia dengan lebih mudah, baik dari komputer maupun smartphone, mulai dari pembelian produk, pengajuan klaim, hingga informasi mengenai potensi risiko di sekitarnya. “ZIP sebagai aplikasi khusus bagi agen juga mempermudah nasabah untuk mendapatkan informasi mengenai perlindungan kendaraan,” jelas Dian.
ZIP merupakan inisiatif digital yang paling baru diluncurkan. Jika platform digital lainnya mempermudah nasabah dalam mengakses layanan asuransi, ZIP ini ditujukan khusus bagi agen. Proses pengiriman penawaran harga asuransi kendaraan bermotor dapat dilakukan kapan saja, bahkan di hari libur. “Kanal digital belum dimanfaatkan secara maksimal di industri asuransi. Tidak dapat dipungkiri digital merupakan salah satu kanal strategis yang dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat jika bisa dipergunakan dengan baik. Karenanya, Zurich Indonesia terus berupaya memberikan masyarakat pengalaman digital yang benar-benar relevan dengan kebutuhan mereka,” tambah Dian. Fir
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Related Posts
Asuransi