Media Asuransi, JAKARTA – Menyambut peringatan Hari Ibu, FIFGROUP memberikan apresiasi kepada UMKM perempuan binaan FIFGROUP yang telah berperan aktif dalam mengembangkan usaha dari skala rumah tangga, sekaligus menjadi penopang ketahanan ekonomi keluarga. Melalui penyelenggaraan UMKM Development Journey 2025–Workshop IbuPreneur: Berperan dalam Usaha dan Rumah Tangga, FIFGROUP menghadirkan ruang pembelajaran bagi UMKM perempuan binaan.
Workshop ini menghadirkan Business Owner HaiCake, Dini Mifta Pratiwi, sebagai pembicara. Acara diikuti oleh UMKM perempuan binaan FIFGROUP dari berbagai wilayah. HaiCake merupakan usaha yang dirintis oleh Dini Mifta Pratiwi, pelaku UMKM perempuan asal Bogor, Jawa Barat. Di tengah perannya sebagai ibu dari tiga anak, Dini secara konsisten menghadirkan inovasi produk yang mengikuti tren, termasuk menghadirkan cake estetik dengan pendekatan yang lebih sehat.
|Baca juga: Pembiayaan Berkelanjutan FIFGROUP Capai Rp 1,62 Triliun Per Oktober 2025
Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya FIFGROUP dalam mengapresiasi sekaligus memperkuat kemandirian usaha perempuan yang menjalankan peran ganda sebagai ibu dan pelaku UMKM.
Seperti, Nina Dahnia, pemilik Narisa Nusantara, merupakan salah satu UMKM perempuan binaan FIFGROUP berkolaborasi dengan Yayasan Astra–Yayasan Dharma Bhakti Astra. Dia memulai usahanya sejak tahun 2018. Berangkat dari latar belakang keluarga pengrajin kulit, Nina dengan ketekunan mengolah keterampilan yang dimilikinya menjadi usaha rumahan yang bernilai ekonomi.
|Baca juga: FIFGROUP Dukung Pembangunan Rumah Ibadah 5 Agama di Bandung
Di sela perannya sebagai perempuan dan ibu, ia membangun Narisa Nusantara secara perlahan dengan konsistensi dan perhatian pada kualitas produk. Melalui pendampingan FIFGROUP, usaha yang dirintis Nina terus berkembang secara lebih terstruktur dan berkelanjutan. Narisa Nusantara menghadirkan berbagai produk berbahan kulit seperti pouch, handbag, serta gift set berupa lanyard, keychain, dan card wallet.
Kini, produk Narisa Nusantara telah dipercaya oleh berbagai klien perusahaan besar, termasuk Group Astra. Hal ini menjadi bukti bahwa usaha yang tumbuh dari rumah, ketika didukung pembinaan yang tepat, mampu bersaing dan memberikan dampak yang lebih luas.
Melalui UMKM Development Journey 2025, FIFGROUP menegaskan komitmennya untuk terus mendukung UMKM, termasuk UMKM perempuan yang memulai usaha dari skala rumah tangga, agar semakin berdaya, mandiri, dan siap memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional. Arief
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
