Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mempertahankan posisinya sebagai bank terbaik di Indonesia versi Forbes. Pencapaian BCA sebagai #1 World’s Best Banks di Indonesia ini, mengukuhkan komitmen perseroan dalam menghadirkan layanan perbankan terbaik bagi nasabah.
World’s Best Banks merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Forbes dan bekerja sama dengan lembaga survei Statista. Dalam menentukan jajaran bank terbaik di dunia, Forbes menggunakan metodologi survei kepuasan kepada lebih dari 50.000 nasabah di 34 negara untuk menilai lima aspek utama, yakni kepercayaan (trust), syarat dan ketentuan (terms and conditions), layanan pelanggan (customer services), layanan digital (digital services), dan kualitas rencana pengelolaan keuangan (financial advice).
|Baca juga: Laba BCA Mencapai Rp14,1 Triliun di Kuartal I/2025
Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, menyampaikan apresiasinya atas penghargaan ini, “Penghargaan ini merupakan dorongan bagi kami untuk terus berinovasi dalam menghadirkan solusi perbankan berkualitas serta memberikan nilai tambah kepada nasabah dan seluruh masyarakat Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu, 30 April 2025.
Forbes juga mencatat bahwa BCA merupakan satu dari 18 bank di dunia yang berhasil mempertahankan posisi pemuncak di negaranya. Keberhasilan ini merupakan buah dari konsistensi perseroan dalam memperkuat ekosistem perbankan hybrid dari kanal mobile dan internet banking, point of sales, kantor cabang, ATM, hingga contact center.
Secara konsolidasi, per Maret 2025 BCA mampu membukukan total kredit Rp941 triliun, naik 12,6 persen year on year (yoy). BCA dan entitas anak mencatatkan laba bersih mencapai Rp14,1 triliun, tumbuh 9,8 persen yoy pada kuartal I/2025. Dari sisi pendanaan, total Dana Pihak Ketiga (DPK) BCA naik 6,5 persen yoy menjadi Rp1.193 triliun per Maret 2025. Dana giro & tabungan (CASA) tumbuh 8,3 persen yoy menjadi Rp979 triliun, atau sekitar 82 persen dari total DPK.
|Baca juga: Kredit BCA Naik 12,6% di Kuartal I/2025
Pertumbuhan CASA selaras dengan total frekuensi transaksi BCA yang tumbuh 19 persen yoy mencapai 9,9 miliar pada kuartal I/2025. Khusus di kanal digital, frekuensi transaksi mobile dan internet banking BCA mencapai 8,8 miliar, naik 22,2 persen yoy. Pada puncaknya, BCA bahkan pernah memproses transaksi lebih dari 200 juta hanya dalam sehari. BCA juga telah memperkuat sistem dan infrastruktur IT hingga mampu memproses lebih banyak transaksi.
Hingga Maret 2025, BCA melayani lebih dari 41 juta rekening nasabah, didukung oleh 1.264 kantor cabang, 19.681 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam.
“Penghargaan ini menjadi pengingat bagi kami untuk terus meningkatkan layanan dan kepuasan nasabah. Dengan semangat untuk terus tumbuh dan melayani sepenuh hati, BCA akan terus menghadirkan layanan perbankan yang relevan, aman, dan tepercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Jahja Setiaatmadja.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News