Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) atau BNI menyiapkan uang tunai Rp21 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Lebaran 2025, yang berlangsung dari 21 Maret hingga 3 April 2025. Langkah ini dilakukan guna memastikan kelancaran transaksi perbankan di tengah meningkatnya kebutuhan saat Hari Raya Idulfitri.
Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menyatakan persiapan uang tunai ini disesuaikan dengan peralihan perilaku nasabah ke layanan digital. Hal ini menyebabkan alokasi uang tunai lebih rendah dibandingkan dengan tahun sebelumnya, seiring berkurangnya transaksi tarik tunai di ATM, Cash Recycle Machine (CRM), maupun kantor cabang.
“Meskipun telah terjadi perubahan masyarakat yang lebih ke arah digital, namun kami memahami kebutuhan uang tunai saat Lebaran dan libur panjang juga cukup besar dibandingkan dengan saat normal, sehingga dengan kesiapan uang tunai ini nasabah dapat memenuhi kebutuhannya,” kata Okki, dalam siaran pers yang dikutip Rabu, 12 Maret 2025.
|Baca juga: Atur Siasat Krom Bank Indonesia (BBSI) Menjemput Masa Depan Lebih Cerah
|Baca juga: Kelola Dana Rp14 Ribu Triliun, Danantara Jadi Mesin Uang atau Bom Waktu?
BNI mencatat nominal transaksi melalui BNI Mobile Banking dan wondr by BNI mengalami pertumbuhan 36,7 persen pada Januari 2025 dari periode yang sama tahun lalu (YoY). Frekuensi transaksinya juga meningkat 35,4 persen. Sementara pada Lebaran Maret 2024, nominal transaksi digital tersebut tumbuh 29 persen dari Januari 2025.
“Dengan adanya layanan kami yang terintegrasi didukung oleh jaringan yang kuat dan digital perbankan yang meningkat maka kebutuhan perbankan nasabah akan tetap terpenuhi,” ujar Okki.
Selama periode Lebaran 2025, BNI mengoperasikan rata-rata 31 kantor cabang dengan layanan terbatas mulai 28 Maret hingga 7 April 2025.
Kantor cabang ini akan melayani transaksi seperti setoran, penarikan, dan pemindahan rekening sesama BNI hingga Rp25 juta, setoran BBM Pertamina, pembukaan rekening, serta transaksi lainnya, termasuk akad kredit khusus pada H-2 Lebaran atau 28 Maret 2025.
Selain itu, BNI menghadirkan Layanan Gerak BNI (O-Branch) di 16 titik jalur mudik, tempat wisata, dan lokasi strategis lainnya. Layanan perbankan juga dapat diakses melalui 214 ribu BNI Agen46 yang tersebar di seluruh Indonesia, serta melalui ATM, CRM, dan aplikasi digital wondr by BNI yang telah memiliki 6,4 juta pengguna hingga akhir Februari 2025.
|Baca juga: Pengumuman! BTN (BBTN) Gelar Mudik Gratis, Cek Syarat Lengkapnya di Sini!
|Baca juga: ASEI Luncurkan 2 Produk Asuransi Mudik untuk Berikan Masyarakat Rasa Tenang saat Pulang Kampung
“Alokasi uang tunai di ATM maupun kantor cabang masih didominasi di Pulau Jawa, dengan pengisian kas yang semula difokuskan di kota besar seperti Jabodetabek, namun setelah H-2 Lebaran akan bergeser ke daerah-daerah tujuan mudik,” tutup Okki.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News