Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI meluncurkan BRILiaN Way. Langkah ini sebagai komitmen bersama dalam menginternalisasi budaya kerja unggul dan berorientasi kinerja performance driven behaviour di lingkungan BRI.
Direktur Utama BRI Hery Gunardi menegaskan sebagai bank dengan jangkauan luas di seluruh Indonesia dan rekam jejak panjang, BRI memiliki fondasi kuat untuk menjadi bank terkuat di Indonesia dan bahkan di Asia Tenggara. Untuk mencapai aspirasi tersebut, dibutuhkan transformasi pada empat aspek kunci yang kini tengah dijalankan.
|Baca juga: Jasindo Raih Penghargaan Market Leaders Atas Kinerja Baik dan Transformasi Berkelanjutan
|Baca juga: Inilah 106 Perusahaan Perasuransian Peraih Market Leaders
Pertama, dari sisi pendanaan atau funding engine. Di sisi ini BRI berupaya memperbaiki struktur pendanaan agar dana murah dapat memiliki persentase yang lebih tinggi dengan meningkatkan rasio CASA dan menekan cost ratio fund.
“Di antaranya dengan melakukan transformasi CASA retail dan menguasai ekosistem dan mengoptimalkan transaksi,” ujar Heri, dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis, 17 Juli 2025.
Langkah kedua adalah melakukan optimalisasi cost of credit bisnis UMKM, yang selama ini telah menjadi kekuatan inti BRI. Upaya dilakukan melalui perbaikan proses bisnis, pengembangan modelling bagi para mantri, serta penguatan sistem monitoring risiko kredit agar pertumbuhan sektor UMKM tetap sehat dan terkelola secara optimal.
Ketiga, BRI akan melakukan re-branding yang lebih menyeluruh, yang bertujuan untuk memperkuat positioning BRI sebagai universal banking yang relevan bagi seluruh lapisan masyarakat dan pelaku usaha.
|Baca juga: Ini Peraih Market Leaders Asuransi Umum 2025
|Baca juga: Berikut Pemenang Market Leaders Asuransi Jiwa 2025
“Keempat adalah dari sisi culture, di mana kita menciptakan budaya kerja yang dapat meningkatkan performance, transformasi people agar lebih produktif dan berdaya saing dan menciptakan leader yang mampu nata, nuntun dan nagih,” kata Hery.
Senada dengan hal tersebut, Chief Operating Officer BPI Danantara Dony Oskaria mengungkapkan kekuatan fundamental BRI terletak pada jangkauan dan relevansinya di tengah masyarakat. “BRI sangat powerful, apalagi melihat jangkauan BRI. Kita punya lebih dari 7.000 cabang, lebih dari satu juta AgenBRILink. Kehadiran BRI sangat penting,” pungkasnya.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News