1

BSI Pacu Digital Banking Menuju Beyond Syariah Banking

Ilustrasi. | Foto: BSI

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus memperkuat layanan digital channel yang hadir dalam genggaman demi menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi dalam rangka menuju beyond syariah banking. Lewat BSI Mobile, BSI hadir menjadi sahabat finansial, spiritual, dan lifestyle dengan fitur digital financing yang lengkap.

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih mengatakan, BSI terus meningkatkan accessibility layanan melalui digital channel. Beberapa digital channel yang dimiliki BSI antara lain QRIS, ATM, EDC, dan BSI Smart Agent

Dia menyebutkan berbagai fitur layanan digital banking BSI menunjukkan pertumbuhan positif sepanjang tahun lalu. Salah satu kinerja pertumbuhan yang signifikan dicatatkan oleh QRIS BSI. Total merchant QRIS BSI sepanjang 2023 mencapai 273,9 ribu atau tumbuh 79,6 persen secara tahunan (year on year/yoy), dengan total transaksi mencapai 12,3 juta transaksi.

Sementara itu, BSI Smart Agent mengalami penambahan sebanyak 28.227 agen menjadi 86.200 agen atau bertumbuh 48,7 persen (yoy). Saat ini, BSI Smart Agent dapat melayani nasabah untuk melakukan pelunasan haji. Selama 2023 Transaksi masyarakat melalui BSI Smart Agent mencapai 19,6 juta transaksi.

|Baca: Jadi Bank Kustodian Berstatus Syariah, BSI Kelola Asset Under Custody Rp85 Triliun

Tidak hanya itu, kinerja tarik dan setor tunai tanpa antri serta transaksi EDC pun mengalami pertumbuhan yang menggembirakan. Total transaksi tarik dan setor tunai tanpa antri di ATM BSI yang berjumlah 2.571 di seluruh Indonesia, mencapai 133,7 juta transaksi atau tumbuh 12,1 persen (yoy).

Pembayaran via EDC yang semakin nyaman juga mendorong transaksi via EDC mencapai 284 ribu transaksi melalui sebanyak 1.256 mesin EDC yang tersebar.

“Saat ini, BSI Mobile juga dapat melakukan pembiayaan secara daring sehingga lebih cepat, bisa di mana saja dan kapan saja. Mulai dari pembiayaan gadai emas, cicil emas, mitraguna, dan oto. BSI Mobile juga bisa digunakan untuk pembukaan rekening secara daring atau Online on Boarding,” ujarnya, dikutip dari keterangannya, Senin, 12 Februari 2024.

|Baca: 7 Perusahaan Asuransi Masuk Pengawasan Khusus, Pengamat: Harus Tarik Pelajaran dari Kasus Gagal Usaha!

Dia memaparkan, pembukaan rekening secara daring pada 2023 meningkat 86 persen dari total pembukaan rekening. Sejalan dengan hal itu, shifting transaksi ke digital semakin meningkat dengan porsi 97 persen via digital dan tiga persen masih melalui teller.

Kondisi tersebut turut mendorong peningkatan pengguna BSI Mobile, dengan jumlah user register sebanyak 6,3 juta hingga Desember 2023, dan volume transaksi mencapai Rp467 triliun. Selain itu, BSI juga saat ini sudah bisa melayani pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN) secara online.

“Alhamdulillah BSI telah meluncurkan RDN Online sebagai bentuk komitmen memberikan kemudahan bagi nasabah untuk berinvestasi secara syariah. BSI menjadi bank syariah pertama di Indonesia yang menyelenggarakan pembukaan RDN secara online untuk turut serta mendorong pasar modal syariah,” pungkas Saut.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Jelajahi Korea Selatan Rekomendasi tiket.com
Next Post OYO Luncurkan Program Swadana Diskon VALUESTAY 15%, Apa itu?

Member Login

or