1
1

Cashless Transaction Bank Mega Syariah Melonjak saat Lebaran 2025

Ilustrasi. | Foto: Bank Mega Syariah

Media Asuransi, JAKARTA – Bank Mega Syariah terus berkomitmen meningkatkan inovasi produk dan layanan yang memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan bagi nasabah dalam bertransaksi. Hal itu sejalan dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya adopsi layanan digital di mana transaksi nontunai semakin menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Corporate Secretary Division Head Bank Mega Syariah Hanie Dewita mengatakan banyak nasabah Bank Mega Syariah yang menggunakan transaksi nontunai saat Ramadan dan libur Lebaran. Ini terbukti dari transaksi M-Syariah dan Syariah Card yang meningkat di momen spesial tersebut.

Bank Mega Syariah mencatat peningkatan volume transaksi mobile banking M-Syariah sebesar 30 persen selama periode Lebaran dibandingkan dengan hari-hari biasa. Fitur transaksi yang paling banyak digunakan selama Lebaran meliputi transfer antarrekening dan bank (54 persen), transaksi menggunakan QRIS (20 persen), serta pengisian saldo e-wallet (17 persen).

|Baca juga: Berikut Klarifikasi Allianz Indonesia terkait Isu PHK Sepihak

|Baca juga: Premi Bruto Marein Naik 15,05% di 2024

Pada Maret 2025, peningkatan transaksi tertinggi terjadi pada transaksi transfer, yang melonjak hingga 40 persen dari Februari. Kemudian transaksi telekomunikasi juga naik sebesar 28 persen, Sementara transaksi menggunakan QRIS tumbuh 16 persen dan transaksi melalui e-wallet mencatat pertumbuhan yang solid sebesar 31 persen.

“Kami melihat adanya pergeseran kebiasaan masyarakat dalam melakukan transaksi selama Lebaran. Penggunaan layanan digital perbankan semakin meningkat, dan kami terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman transaksi yang aman, cepat, dan nyaman bagi seluruh nasabah,” ujar Hanie, dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin, 14 April 2025.

Sebagian nasabah memanfaatkan momen Lebaran dengan bijak dengan menyisihkan sebagian dana mereka untuk diinvestasikan ke dalam instrumen keuangan yang aman dan menguntungkan, seperti deposito digital melalui aplikasi m-Syariah. Per Maret 2025, jumlah dana yang ditempatkan dalam deposito daring naik 19 persen dari Februari 2025.

Di tengah lonjakan transaksi yang signifikan, Bank Mega Syariah tetap sukses menjaga kualitas layanan. Sepanjang periode Lebaran, aplikasi mobile banking M-Syariah berjalan optimal tanpa kendala yang berarti, memastikan kenyamanan pengguna dalam melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja.

“Kami bersyukur infrastruktur teknologi yang kami kembangkan mampu menangani peningkatan transaksi dengan baik. Stabilitas layanan merupakan prioritas utama kami agar nasabah dapat terus menikmati kemudahan dalam bertransaksi, terutama di momen-momen penting seperti Lebaran,” kata Hanie.

|Baca juga: Hasil Investasi Asuransi Jiwa Diramal Terdampak IHSG yang Membara, Tergerus Signifikan?

|Baca juga: Diversifikasi dan Rebalancing Portofolio Berkala Wajib Jadi Pegangan Asuransi Jiwa Hadapi Tarif AS

Selain transaksi M-Syariah, penggunaan Syariah Card juga menunjukkan tren positif. Selama periode Ramadan dan libur Lebaran, transaksi Syariah Card meningkat lebih dari 100 persen dibandingkan dengan rata-rata per bulan di sepanjang 2024 atau meningkat lebih dari 164 persen dibandingkan dengan periode Lebaran 2024.

Kategori transaksi dengan volume tertinggi mencakup Ritel & Marketplace sebesar 16 persen, diikuti Pakaian & Busana (sembilan persen), serta Restoran (tujuh persen). Sektor lain yang juga mencatat transaksi signifikan adalah Kesehatan & Kecantikan (enam persen), Otomotif & Kendaraan (enam persen), dan Telekomunikasi (enam persen).

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post IHSG Diramal Menghijau, Pantau 4 Saham Ini yang Bikin Dompet Makin Tebal!
Next Post REVIEW SEPEKAN: IHSG Terkoreksi 3,82% ke Level 6.262

Member Login

or