1
1

CIMB Niaga Fokus Pengembangan Digital

Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga, Budiman Tanjung (tengah) bersama Direktur Human Resources CIMB Niaga, Joni Raini (kanan) dan Rektor Universitas Brawijaya Malang, Prof Widodo (kedua kanan) mencoba fasilitas Self Service Banking, 10 Oktober 2024. | Foto: CIMB Niaga

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) atau CIMB Niaga fokus pada novasi dan customer centricity dalam pengembangan digital. Pada kuartal I/2025, 90 persen dari total transaksi finansial nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, Bizchannel@CIMB, Automated Teller Machines (ATM), dan OCTO Pay (e-money).

Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan, mengatakan bahwa selain itu perseroan juga menghadirkan digital experience melalui model digital branch yang unik, yang memadukan fitur cabang konvensional dan digital lounge.

“Untuk mendorong adopsi digital di kantor cabang lainnya, CIMB Niaga juga memperkenalkan digital hub yang dilengkapi mesin self-service banking dan self-service tablet untuk mempercepat layanan kepada nasabah,” kata Lani dalam keterangan resmi yang dikutip Rabu, 29 April 2025.

|Baca juga: CIMB Niaga Resmikan Digital Branch Denpasar-Thamrin

Dia tambahkan, konsep cabang ini menawarkan pengalaman perbankan yang komprehensif dan serba digital. Namun perseroan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga. Hingga 31 Maret 2025, konsep ini telah diimplementasikan di 52 kantor cabang, terdiri dari 23 digital branch dan 29 digital hub.

Integrasi dari layanan digital di kantor cabang ini telah meningkatkan customer experience serta efisiensi layanan secara signifikan, yang diharapkan dapat memungkinkan 80 persen dari pembukaan tabungan, penggantian kartu dan proses pengkinian atau maintenance Customer Information File (CIF) dapat diselesaikan dalam waktu lima menit melalui mesin self-service banking.

Lani menuturkan bahwa dengan fokus untuk melayani permintaan dari kebutuhan yang terus meningkat terhadap layanan digital banking yang simpler, better, dan faster, OCTO Mobile senantiasa menyempurnakan berbagai solusi, seperti transfer BI-FAST, top-up e-Wallet (GoPay, OVO, Shopee, Flazz BCA, dan lainnya), scan QRIS, serta pembayaran tagihan.

|Baca juga:CIMB Niaga dan APINDO Jawa Timur Gelar NGOBIZ

Pada kuartal I/2025, OCTO Mobile memperkenalkan fitur penukaran Poin Xtra (poin loyalitas) untuk mileage (Garuda dan KrisFlyer), memperluas cakupan pembayaran tagihan untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), dan meluncurkan layanan pembukaan dan pendaftaran rekening Haji.

#GetWealthSoon tetap menjadi andalan untuk investasi digital, guna terus mendorong kebiasaan investasi sejak dini di kalangan nasabah muda dan generasi melek digital. Melalui OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks, nasabah dapat dengan mudah mengakses beragam produk reksa dana yang sesuai dengan profil risiko mereka.

Kedua kanal digital juga mendukung penawaran Surat Berharga Negara (SBN) Ritel (ORI027 dan ST014) pada kuartal I/2025, yang memperoleh minat tinggi di tengah kondisi market saat ini. Selain itu, nasabah juga dapat memilih obligasi pemerintah maupun korporasi di pasar sekunder sesuai profil risiko mereka melalui OCTO Mobile dan OCTO Clicks.

|Baca juga:CIMB Niaga Bukukan Laba Rp2,2 Triliun di Kuartal I/2025

Nasabah juga dapat menikmati solusi valuta asing (FX) yang komprehensif, mulai dari pembukaan rekening dalam 15 mata uang (termasuk Won Korea, Yen Jepang, dan Ringgit Malaysia), mengakses kurs kompetitif selama jam perdagangan, hingga menghubungkan kartu debit dengan rekening FX untuk transaksi luar negeri yang lebih praktis.

“Di OCTO Mobile dan OCTO Clicks kini juga tersedia wealth dashboard yang komprehensif, sehingga nasabah dapat memantau portofolio dan kinerja investasi mereka dengan lebih mudah,” tutur Lani.

Sementara itu, OCTO Clicks terus melayani nasabah dan investor yang membutuhkan kemampuan transaksi yang lebih kompleks. Fitur baru yang diperkenalkan pada akhir 2024, yakni pembelian dan penjualan emas bekerja sama dengan Pegadaian, menjadi sangat populer di kalangan pengguna pada kuartal I/2025.

“Mencerminkan kepercayaan dan antusiasme nasabah, volume transaksi finansial melalui OCTO (mobile dan internet banking) pada kuartal I/2025 meningkat sebesar 35 persen dibandingkan kuartal I/2024, dengan tetap fokus pada pertumbuhan yang berkualitas dan berkelanjutan,” jelasnya.

Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 397 cabang dan jaringan (termasuk 34 digital lounge). Per 31 Maret 2025, jaringan CIMB Niaga secara nasional didukung oleh 3.148 ATM, termasuk Cash Remittance Machine and Multidenom Deposit Machine dan 688.992 EDC, QR, serta e-Commerce.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Laba Bersih BSI (BRIS) Tumbuh 10,5% Jadi Rp1,08 Triliun hingga Maret 2025
Next Post Asuransi Jasindo Wujudkan Kepedulian Sosial lewat Bantuan Sarana Prasarana

Member Login

or