Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan terobosan baru dalam pengembangan perbankan digital ke level yang lebih optimal dengan memperkenalkan OCTO by CIMB Niaga. Inovasi ini merupakan transformasi yang mengintegrasikan aplikasi mobile banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks menjadi satu identitas yaitu OCTO.
Selain nama yang lebih simpel, rebranding dan integrasi ini juga makin memudahkan nasabah dalam mengakses layanan perbankan, baik di aplikasi maupun website, cukup menggunakan satu User ID yang sama, sehingga memberikan pengalaman perbankan yang lebih praktis, aman, dan efisien.
“Integrasi OCTO merupakan bagian dari upaya CIMB Niaga untuk semakin menyederhanakan pengalaman perbankan nasabah, memperkuat konsistensi brand OCTO, sekaligus menyiapkan fondasi untuk pengembangan fitur masa depan. Inisiatif ini sejalan dengan purpose kami untuk Advancing Customers & Society melalui layanan perbankan digital yang inovatif dengan teknologi dan fitur terkini, sehingga selalu revelan dengan gaya hidup digital nasabah,” kata Head of Digital Banking & Contact Center CIMB Niaga, Lusiana Saleh, dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis, 13 November 2025.
|Baca juga: CIMB Niaga (BNGA) Luncurkan Mobil Kas di Jayapura
Lebih lanjut dia jelaskan, transformasi OCTO menandai era baru ekosistem perbankan digital CIMB Niaga yang lebih terpadu. Selama ini OCTO baik versi aplikasi maupun website, telah menjadi platform transaksi favorit jutaan nasabah CIMB Niaga.
Kini, dengan platform yang terintegrasi, nasabah dapat menikmati OCTO dengan antarmuka (user interface) yang lebih intuitif dan dibekali beragam fitur inovatif. Mulai dari QRIS Tap, QRIS lintas negara dengan cakupan lebih luas termasuk Malaysia, Singapura, Thailand, dan Jepang, NFC Tap and Pay, konversi Poin Xtra ke miles beragam maskapai penerbangan secara langsung, pengajuan kartu kredit dan KTA, serta layanan asuransi Sun Life.
Aplikasi OCTO kini juga terintegrasi dengan OCTO Call (panggilan berbasis data) dan OCTO WhatsApp yang memungkinkan koneksi langsung tanpa pulsa ke Contact Center CIMB Niaga. Pengembangan saluran komunikasi digital tersebut semakin memudahkan nasabah dalam berinteraksi dengan bank dengan respons cepat dan tersedia kapan saja (24/7). Inovasi tersebut juga menjadikan CIMB Niaga sebagai bank pertama di Indonesia yang menghadirkan layanan panggilan melalui WhatsApp.
|Baca juga: CIMB Niaga (BNGA) Bukukan Laba Sebesar Rp6,7 Triliun
Lusi juga mengatakan bahwa nasabah yang ingin merasakan pengalaman layanan digital terbaru OCTO, cukup mengunduh aplikasi OCTO di Play Store (Android) atau App Store (iOS). Pengguna yang sudah memiliki akun di Aplikasi OCTO Mobile sebelumnya cukup mengikuti petunjuk di aplikasi, termasuk memperbarui User ID.
Setelah pembaruan, User ID tersebut akan berlaku sama untuk mengakses website resmi OCTO di www.cimbocto.co.id. OCTO dilengkapi sistem keamanan berlapis dan autentikasi biometrik, serta proses login yang lebih cepat. Nasabah baru juga dapat dengan cepat dan mudah membuka rekening langsung dari aplikasi tanpa perlu ke cabang.
“Transformasi ini bukan hanya soal teknologi, tetapi tentang bagaimana kami mendekatkan layanan ke kehidupan nasabah. OCTO by CIMB Niaga adalah wujud komitmen kami untuk menjadi mitra finansial yang relevan dan adaptif, sekaligus menghadirkan layanan perbankan digital yang simpler, better, faster,” ujar Lusi.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
