1
1

Dukung UMKM, hibank Luncurkan Campaign #everydayhiro

hibank menjadi penyedia layanan perbankan digital dengan fokus pada segmen UMKM. | Foto: doc

Media  Asuransi,  JAKARTA  –  PT  Bank  Hibank  Indonesia  (hibank)  anak  perusahaan  dari  PT  Bank  Negara  Indonesia  (Persero)  Tbk  (BNI),  berupaya  untuk  mewujudkan  peranannya  sebagai  agen  pembangunan  nasional.  Perwujudan  tersebut  salah  satunya  dilakukan  melalui  transformasi  hibank  menjadi  penyedia  layanan  perbankan  digital  dengan  fokus  pada  segmen  UMKM.

Dengan  slogan  “UMKM  First  Bank”,  hibank  telah  menetapkan  visinya  menjadi  Bank  Digital  UMKM  Unggulan  di  Indonesia  dan  misi  untuk  pemberdayaan  UMKM  melalui  peran  hibank  sebagai  orkestrator  ekosistem  UMKM  Indonesia.

Sejalan  dengan  momentum  peringatan  Hari  Pahlawan  pada  10  November  2023,  hibank  meluncurkan  campaign  baru  yaitu  #everdayhiro  sebagai  bagian  dari  rangkaian  transformasi  branding  yang  dijalankan  hibank.

|Baca juga: BNI Life dan Hibank Kerja Sama Bancassurance in Branch

Direktur  Utama  PT  Bank  Hibank  Indonesia,  Jenny  Wiriyanto,  menjelaskan  bahwa  kampanye  #everydayhiro  ini,  hibank  bermaksud  mengangkat  semangat  kepahlawanan  yang  dijalankan  perusahaan  untuk  mewakili  semangat  kepahlawan  setiap  anak  bangsa,  khususnya  para  pelaku  UMKM,  dalam  berkontribusi  bagi  pertumbuhan  ekonomi  nasional.

“hibank  bertekad,  bahwa  keberadaan  hibank  harus  dapat  menjadi  solusi  bagi  UMKM  dalam  mengembangkan  usahanya  untuk  lebih  besar  dan  lebih  baik  lagi.  Bersama  dengan  puluhan  juta  UMKM,  hibank  bertekad  untuk  memajukan  ekonomi  kerakyatan,”  kata  Jenny  dikutip  dari  keterangan  resmi,  Jumat,  10  November  2023.

Menurut  jenny,  UMKM  merupakan  pilar  ekonomi  bangsa,  berkontribusi  besar  terhadap  GDP  Nasional  (yaitu  sekitar  66%)  serta  menyerap  hampir  99%  tenaga  kerja  di  Indonesia.  Sehingga,  di  momen  hari  pahlawan  ini,  kami  menjadikan  #everydayhiro  sebagai  niat  dan  pintu  pembuka  untuk  kita  bersama-sama  melahirkan  banyak  pahlawan  ekonomi  yang  akan  terus  memajukan  ekonomi  Indonesia.

Sebagaimana  dilaporkan  dalam  MSME  Empowerment  Report  2022,  UMKM  di  Indonesia  masih  menghadapi  berbagai  macam  tantangan  dalam  mengembangkan  usahanya.  Hal  ini  meliputi  pemasaran  usaha,  akses  ke  material  produksi,  adopsi  teknologi,  proses  transaksi,  serta  pengelolaan  cash  flow.  Pada  puncaknya,  tantangan  penguatan  kinerja  UMKM  masih  berkutat  di  rendahnya  inklusi  keuangan  pada  segmen  tersebut,  atau  dengan  kata  lain  banyak  pelaku  UMKM  yang  masih  belum  memiliki  akses  ke  layanan  perbankan  yang  memadai.  Menurut  data  dari  Otoritas  Jasa  Keuangan  (OJK),  hingga  tahun  2022  lalu,  hanya  sekitar  36%  UMKM  yang  telah  memiliki  akses  ke  layanan  formal  perbankan.

|Baca juga: 70% UMKM di Asia Memulai Usaha dari Tabungan Pribadi

Upaya  hibank  untuk  meningkatkan  alokasi  pendanaan  dan  menghadirkan  layanan  perbankan  digital  yang  relevan  dengan  kebutuhan    UMKM  menjadi  salah  satu  langkah  penting  dalam  memperbaiki  inklusi  keuangan,  terutama  bagi  UMKM  yang  masih  belum  terlayani  oleh  perbankan  namun  memiliki  potensi  untuk  berkembang.

“Kami  juga  berkomitmen  menjadi  mitra  dalam  menghubungkan  dengan  penyedia-penyedia  solusi  dan  layanan  yang  dibutuhkan  UMKM  melalui  pembentukan  dan  pemberdayaan  ekosistem,  sehingga  dapat  membantu  menjawab  tantangan  dalam  pengembangan  usaha  UMKM.  Hal  inilah  yang  mendorong  kami  untuk  memperkenalkan  peran  hibank  sebagai  orkestrator  ekosistem  UMKM  Indonesia,”  jelasnya.

Data  terkini  menunjukkan  bahwa  entitas  yang  dulu  bernama  Bank  Mayora  ini  telah  menunjukkan  alokasi  pendanaan  kepada  UMKM.  Hingga  Oktober  tahun  ini,  hibank  telah  menyalurkan  31,8%  dari  total  kreditnya,  atau  kurang  lebih  sebesar  Rp1,74  triliun.  Capaian  ini  sejalan  dengan  rencana  hibank  untuk  meningkatkan  porsi  penyaluran  kredit  bagi  segmen    UMKM  hingga  45%  di  2024.

“hibank  berharap  dapat  berjalan  bersama-sama  dengan  seluruh  stakeholders  dalam  memajukan  perekonomian  rakyat.  Seiring  dengan  semangat  hari  pahlawan  pada  hari  ini,  hibank  mendorong  para  pahlawan  ekonomi  untuk  terus  semangat,  berkolaborasi,  dan  bersinergi  membangun  perekonomian  Indonesia”  tutur  Jenny.

Dalam  kesempatan  ini,  Corporate  Secretary  BNI,  Okki  Rushartomo  menyatakan  bahwa  masa  depan  perbankan  adalah  digital,  dan  BNI  berkomitmen  untuk  memastikan  bahwa  setiap  nasabah  bisa  mendapatkan  solusi  finansial  terintegrasi  setiap  harinya.

“Dengan  adanya  hibank,  kami  ingin  membantu  para  UMKM  naik  kelas  dengan  berupaya  untuk  memberikan  mereka  akses  ke  layanan  perbankan  yang  lebih  efisien  dan  komprehensif,”  pungkas  Okki.

Editor:  S.  Edi  Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Hannover Re Menunjukkan Peningkatan Laba Hingga 45,8%
Next Post Pemegang Saham Rombak Susunan Direksi Askrindo Syariah

Member Login

or