1
1

Laba Bersih Hana Bank Capai Rp260 Miliar di Semester I/2024

PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank). | Foto: Hana Bank

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank KEB Hana Indonesia (Hana Bank) mengumumkan laporan keuangan semester pertama yang berakhir 30 Juni 2024 (1H24), dengan perolehan laba bersih (unaudited) sebesar Rp259,52 miliar, naik sebesar 13,93 persen year on year (yoy).

Presiden Direktur Hana Bank, Jong Jin Park, mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan usaha bersama manajemen dalam menjaga pertumbuhan dan profitabilitas berkelanjutan melalui pertumbuhan kredit yang sehat dan manajemen risiko serta penerapan prinsip kehati-hatian yang baik sehingga dapat terus memberikan keuntungan yang lebih baik bagi para pemegang saham.

“Hal ini  tercermin pada Return on Equity (ROE) yang mencapai 4,91 persen. Dengan raihan positif ini kami meyakini dapat mencapai target 2024 dengan baik,” kata Jong Jin Park dalam keterangan resmi, Kamis, 1 Agustus 2024.

|Baca juga: Hana Bank dan Visa Berkolaborasi Luncurkan Program #Spend2Fly

Menurutnya, sejalan dengan pertumbuhan tersebut, salah satu yang patut digarisbawahi adalah perbaikan dalam kualitas aset Hana Bank, seperti ditunjukkan dari penurunan signifikan pada rasio gross Non-Performing Loan (NPL) menjadi 0,76 persen pada Juni 2024 dari 0,95 persen pada Juni 2023. Hana Bank senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) sebesar 27,05 persen dan Loan to Deposit Ratio (LDR) sebesar 139,37 persen.

Di samping itu, lanjutnya, tercatat total aset sebesar Rp48,2 triliun per 30 Juni 2024, naik 6,24 persen dari Rp45,4 triliun tahun lalu. Total dana pihak ketiga (DPK) mencapai Rp25,5 triliun dengan rasio CASA sebesar 64,8 persen, sebagai hasil upaya Hana Bank membangun hubungan yang lebih erat sekaligus meningkatkan pengalaman nasabah dalam memanfaatkan layanan digital perusahaan.

Menghadapi tantangan ketidakpastian ekonomi global saat ini, lanjutnya, perusahaan tetap menerapkan strategi perusahaan dengan pendekatan yang berorientasi pada nasabah sehingga kinerja yang baik ini menunjukan pertumbuhan bisnis dan pendapatan perusahaan tetap solid. “Kami akan terus fokus dalam menyediakan solusi keuangan yang inovatif serta memberikan kemudahan akses keuangan bagi seluruh stakeholders,” tambah Jong Jin Park.

Hana Bank terus mengembangkan berbagai produk berbasis digital. Saat ini hampir seluruh transaksi sudah dilakukan melalui kanal digital, masih banyak pula transaksi yang dilakukan melalui layanan branchless banking seperti MyHana Mobile Banking dan Internet Banking, LINE Bank by Hana Bank, Corporate Banking System (CBS), dan Automated Teller Machine (ATM).

|Baca juga: Hana Bank Cetak Kinerja Positif di 2023

Layanan digital MyHana Mobile Banking menyediakan berbagai kemudahan perbankan, mulai dari penyediaan transaksi yang lengkap, BI-FAST dan Scan QRIS, serta memiliki fitur Hana AIdvisor untuk layanan investasi melalui fitur reksadana digital. Sementara Coporate Banking System (CBS) difokuskan untuk melayani nasabah korporasi high-valued dalam melakukan berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian dan top-up.

Selain itu, LINE Bank telah mengembangkan aplikasi bank digital Hana Bank yang memungkinkan calon nasabah untuk membuka rekening, mengajukan pembiayaan serta berbagai transaksi melalui ponselnya. “Lebih dari itu, kami terus berusaha memberikan layanan transaksi dengan nilai tambah bagi para nasabah melalui kerja sama dengan mitra-mitra penyelenggara pembayaran dan berbagai merchant favorit. Kami memiliki komitmen untuk terus meningkatkan pengalaman dan kenyamanan nasabah melalui berbagai inisiatif transformasi digital, meningkatkan digital channel, dan senantiasa memperkenalkan solusi inovatif,” ujarnya.

Sebagai salah satu wujud komitmen Hana Bank untuk memberikan customer experience terbaik kepada para nasabah, dengan menyelenggarakan program Spend2Fly yaitu program berhadiah utama paket perjalanan wisata (trip) ke Korea Selatan, periode program dimulai pada 1 Juni – 31 Agustus 2024.

“Program ini khusus untuk nasabah kartu debit Visa Contactless Hana Bank dan LINE Bank dalam mengoptimalkan pemakaian pembelanjaan minimal Rp2 juta/bulan untuk transaksi offline di luar negeri dan transaksi online. Pemenang akan dipilih berdasarkan pembelanjaan tertinggi setiap bulannya,” pungkasnya.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Luhut Dukung Penuh Inisiatif Pertamina Jadi Pemimpin di Bisnis Karbon
Next Post Astra Financial Lampaui Target Penjualan di GIIAS 2024

Member Login

or