1
1

Layanan MADINA Bank Muamalat Tumbuh Double Digit

Nasabah mengakses layanan MADINA Bank Muamalat. | Foto: doc. Bank Muamalat

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) mencatat kinerja yang solid untuk layanan Cash Management System (CMS) yang bernama Muamalat Digital Integrated Access (MADINA). Hingga September 2024, jumlah pengguna, volume, maupun frekuensi transaksi MADINA rata-rata berhasil tumbuh dua digit dibanding tahun sebelumnya.

SEVP Enterprise Banking Bank Muamalat, Irvan Yulian Noor, mengatakan bahwa pengguna MADINA bertambah sebanyak 2.287 atau meningkat 24 persen secara tahunan atau year on year  (yoy) menjadi 11.779 pengguna per akhir September 2024. “Peningkatan tersebut sejalan dengan frekuensi transaksi MADINA yang naik 26 persen yoy menjadi lebih dari 1,2 juta transaksi. Demikian pula dengan volume transaksi MADINA yang tumbuh 11 persen yoy dari Rp35,7 triliun menjadi Rp39,7 triliun,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis, 10 Oktober 2024.

|Baca juga: Pembiayaan Emas Bank Muamalat Tumbuh 191%

Selain itu, layanan Virtual Account (VA) yang terintegrasi dengan MADINA juga turut meningkat. Frekuensi transaksi VA Bank Muamalat naik 15 persen yoy menjadi lebih dari tiga juta transaksi. Adapun volume transaksi VA tumbuh 20 persen yoy menjadi hampir Rp5 triliun.

Irvan bersyukur pertumbuhan layanan MADINA pada September 2024 rata-rata mencapai dua digit. “Pencapaian positif ini membuktikan bahwa upaya kami yang gencar menjalin kerja sama dengan berbagai institusi dan implementasi sejumlah strategi selama ini sudah on the right track, sehingga mampu mendongkrak utilisasi layanan MADINA Bank Muamalat,” ujarnya.

Dia tambahkan, penerapan sejumlah program yang konsisten menjadi alasan Bank Muamalat dapat menuai pertumbuhan layanan MADINA hampir setiap tahun. Misal, untuk meningkatkan utilisasi MADINA, Bank Muamalat melaksanakan MADINA Activation Program (MAP) yakni nasabah diberi benefit bebas biaya transaksi hingga 50 kali/bulan selama 4 bulan berturut-turut.

Bank Muamalat juga menggelar MADINA Class Training (MCT) secara rutin setiap minggu via online, yaitu pelatihan yang ditujukan bagi nasabah baru maupun eksisting agar segera mengaktifkan layanan MADINA dan menjadikan Bank Muamalat sebagai bank operasional mereka. Selain itu, bank pertama murni syariah ini juga melaksanakan MADINA Transactional Competition (MTC) dan Virtual account Intensity Program (VIP).

|Baca juga: Permata ME, Tampilan Baru Mobile Banking Permata Bank

Sedangkan kemitraan yang baik antara Bank Muamalat dengan sejumlah institusi terbukti efektif dan berdampak positif terhadap performa MADINA. Bank Muamalat memfokuskan penetrasinya pada sektor pendidikan, komunitas dan ekosistem muslim, rumah sakit, lembaga pemerintah, hingga lembaga keuangan syariah seperti Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPRS).

Dia jelaskan bahwa MADINA merupakan layanan internet banking untuk nasabah korporasi yang memungkinkan nasabah untuk memonitor maupun melakukan transaksi perbankan non tunai atas seluruh rekening yang berada di Bank Muamalat secara realtime. MADINA menawarkan fleksibilitas kepada nasabah melalui opsi layanan MADINA Advanced dan MADINA Basic, karena fiturnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan administrasi dan transaksi nasabah.

Untuk menggunakan layanan MADINA, nasabah korporasi dapat mengakses website MADINA menggunakan browser kapan saja dan dimana saja sepanjang terkoneksi dengan internet sehingga transaksi bisnis akan menjadi lebih mudah dan fleksibel bagi nasabah.

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Permata ME, Tampilan Baru Mobile Banking Permata Bank
Next Post Gen Z dan Milenial Dominasi Penjualan Asuransi di India, Apa Rahasianya?

Member Login

or