Media Asuransi, JAKARTA – Ketersediaan layanan pelanggan yang mudah semakin dibutuhkan di era yang serba digital. Hasil studi Bank DBS Indonesia pada 2024 terhadap sekelompok responden menunjukkan nasabah mengharapkan layanan 24/7, dibuktikan dengan sembilan dari 10 nasabah baru diperoleh melalui kanal digital.
Ini menunjukkan preferensi mereka akan perbankan yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu mengunjungi kantor fisik. Selain itu, 60 persen nasabah menginginkan layanan pelanggan yang dapat menyelesaikan permintaan mereka dalam waktu kurang dari 10 menit.
|Baca juga: AAJI Belum Bisa Ukur Dampak Penerapan Co-Payment terhadap Penurunan Inflasi Medis
|Baca juga: Prabowo: Indonesia Siap Capai Swasembada Energi dalam 5 Tahun
Hal ini menunjukkan nasabah membutuhkan pengalaman perbankan yang cepat dan lancar agar mereka memiliki lebih banyak waktu untuk kegiatan lain. Untuk itu, inovasi dan transformasi teknologi menjadi krusial guna mengembangkan sistem layanan yang tidak hanya cepat dan efisien, namun juga mampu beradaptasi dengan preferensi nasabah.
Berangkat dari kondisi itu, Bank DBS Indonesia memperkenalkan Guided Conversation, sebuah fitur yang terintegrasi ke dalam platform chatbot interaktif dan dirancang untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih tanggap, real-time, dan produktif.
“Kami memahami di balik setiap transaksi ada nasabah dengan kebutuhan yang unik dan berbeda-beda. Mulai dari pertanyaan tentang akun dan rekening mereka, status pengajuan kartu kredit, cicilan, investasi, dan lain-lain,” kata Head of Technology and Operations Bank DBS Indonesia Sujatno Polina, dikutip dari keterangannya, Selasa, 1 Juli 2025.
Ia menambahkan Guided Conversation adalah bagian dari komitmen DBS untuk mengombinasikan data dan pengetahuan tentang nasabah dengan teknologi guna menyederhanakan pengalaman nasabah. Dengan kehadiran fitur ini, DBS percaya dapat mendukung nasabah dalam menjalani hari-harinya dengan maksimal.
|Baca juga: Kementerian PKP Gandeng Bank Mandiri dan BP Tapera Akselerasi Pembiayaan Hunian Bersubsidi
|Baca juga: Bos Allianz Life Buka Suara tentang Penerapan CoB
“Tanpa perlu dirumitkan dengan urusan perbankan, atau ‘Live more, Bank less’,” ucapnya.
Dirinya menyatakan Guided Conversation tidak hanya mendorong efisiensi layanan, tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 18 persen. Fitur ini merupakan batu loncatan dalam layanan pelanggan di Bank DBS Indonesia. Ke depannya, DBS akan mengembangkan sistem ini lebih jauh dengan chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI).
“Yang tidak hanya memberikan jawaban otomatis, tetapi juga mampu berinteraksi secara lebih alami dan intuitif. Dengan pemahaman bahasa alami, sistem ini dapat mengenali kebutuhan nasabah secara lebih cerdas dan memberikan solusi yang tepat,” pungkas Sujatno Polina.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News