Media Asuransi, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI meningkatkan kemudahan pembelian tiket kapal secara online melalui ekosistem digital fitur Lifestyle di BCA mobile yang didukung oleh traffic intelligence system MKP.
Tiket Kapal, menu terbaru pada fitur Lifestyle di BCA mobile secara resmi diluncurkan pada bulan Desember 2023. Nasabah dapat melakukan pembelian tiket kapal laut untuk memesan, dan membeli Tiket Kapal Laut melalui fitur Lifestyle pada aplikasi BCA mobile.
Hal ini akan membuat nasabah dipermudah untuk memesan, dan membayar tiket kapal laut dengan cepat dan mudah. Dengan jutaan pengguna BCA mobile, nasabah dapat langsung melakukan pembelian sekaligus pembayaran tiket menjadi lebih mudah serta dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.
|Baca juga: Berikut Jadwal Operasional BCA, BRI, dan Bank Mandiri Selama Libur Tahun Baru 2024
PT Mitra Kasih Perkasa (MKP), secara konsisten melakukan terobosan inovatif mulai dari issue tiket, validasi, pembayaran, hingga distribusi dan data analytics tiket secara on-site dan online di Indonesia. Fokus pada digitalisasi Pelabuhan, perusahaan teknologi lokal pertama dan satu-satunya yang mendigitalkan pelabuhan ini telah mengelola lebih dari Rp2,2 triliun Total Processing Value dan 60 juta transaksi.
Beberapa pelabuhan yang telah mengimplementasikan sistem e-ticketing di antaranya adalah Pelabuhan Penumpang Domestik Punggur, Pelabuhan Sekupang, dan Pelabuhan Sri Bintan Tanjungpinang.
Co-CEO & Co-Founder MKP, Irawan Wu, menyampaikan bahwa sistem pembelian tiket secara online yang terkoneksi dengan pembayaran menjadi solusi traffic seluruh pelabuhan di Indonesia. “Sistem yang terintegrasi dengan data analytics menjadi solusi bagi traffic, transaksi, dan transparansi bagi seluruh industri, khususnya pelabuhan di Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat, 29 Desember 2023.
Percepatan transisi digitalisasi pada penjualan tiket menjadi salah satu fokus utama peningkatan pelayanan kapal penumpang PELNI. Hal ini disampaikan, Kepala Kesekretariatan PELNI, Evan Eryanto.
Menurutnya, penjualan tiket kapal Pelni dioptimalkan secara daring atau online. “Kami berharap pelanggan kapal PELNI dapat memanfaatkan kehadiran fitur baru yang ada di aplikasi BCA mobile ini sehingga merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam memperoleh tiket kapal PELNI. Kehadiran tambahan channeling penjualan tiket ini akan semakin memperkuat digitalisasi PELNI disamping kehadiran aplikasi PELNI Mobile,” jelasnya.
Sementara itu, Senior Vice President BCA, Dody Santosa Iswan, menyatakan bahwa pihaknya menyadari peran vital kapal laut sebagai moda transportasi yang dapat menghubungkan pulau-pulau di Indonesia. Moda ini menjadi salah satu transportasi yang penting untuk mendukung mobilitas masyarakat dalam berbisnis ataupun berlibur, terutama di momen-momen libur dan hari raya.
“Karena itu dengan melakukan integrasi layanan pembelian tiket di fitur Lifestyle pada aplikasi BCA mobile. Kami berkomitmen memberikan solusi perbankan dalam mempermudah nasabah dan penumpang untuk dapat membeli tiket kapal di mana dan kapan saja,” katanya.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News