Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) atau Maybank Indonesia kembali menyelenggarakan program edukasi literasi keuangan bagi siswa Sekolah Dasar (SD). Hal itu dilakukan melalui CashVille Kidz Goes to School yang digelar di tiga SD negeri di Jakarta, yaitu SDN Gunung 01, SDN Manggarai 01, dan SDN Paseban 07.
Program ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Bulan Literasi Keuangan OJK 2025 dan digelar bersamaan dengan peringatan Hari Anak Nasional. Sebanyak kurang lebih 450 siswa usia 9–12 tahun terlibat dalam sesi literasi keuangan yang interaktif yang dikemas dengan seru, mulai dari menonton video edukatif, hingga menyusun rencana keuangan sederhana.
|Baca juga: BI Rate Dipangkas Lagi! Bos OCBC (NISP) Beberkan Dampaknya terhadap Perbankan RI
|Baca juga: Lewat CSR, OCBC (NISP) Bidik UMKM Kurang Bankable Masuk Sistem Keuangan
Program ini melibatkan karyawan Maybank Indonesia, termasuk jajaran direksi, sebagai relawan pengajar yang aktif mendampingi siswa dalam kelas literasi, mencerminkan komitmen nyata terhadap peningkatan literasi keuangan generasi muda.
Presiden Direktur Maybank Indonesia Steffano Ridwan mengatakan CashVille Kidz Goes to School adalah bagian dari komitmen Maybank Indonesia untuk membangun fondasi literasi keuangan pada anak-anak. Dengan keterlibatan langsung karyawan dan jajaran direksi, Maybank Indonesia ingin menunjukkan edukasi finansial adalah tanggung jawab bersama.
“Ini bukan hanya peran institusi keuangan, tetapi juga bentuk kontribusi sosial dalam membekali generasi muda dengan pengetahuan yang akan mereka butuhkan di masa depan,” ujar Steffano, dikutip dari keterangan resminya, Jumat, 25 Juli 2025.
CashVille Kidz Goes to School merupakan bagian dari program CashVille Kidz, yakni program literasi keuangan jangka panjang yang telah dijalankan sejak 2019 oleh Maybank Foundation dan Yayasan Maybank Indonesia bekerja sama dengan Money Tree. Hingga 2024, CashVille Kidz telah menjangkau 46 sekolah, 11.327 siswa dan 184 guru.
Pada tahun ini, program CashVille Kidz diperluas untuk menjangkau 7.500 siswa di 27 SD yang tersebar di Jakarta, Medan, Lampung, Bandung, dan Yogyakarta. Selain siswa, program ini juga menyasar guru dan orang tua, serta anak-anak karyawan Maybank Indonesia melalui pendekatan edukatif yang menyenangkan dan interaktif.
|Baca juga: Bye-bye Ketidakpastian! Polis Asuransi Bakal Dijamin LPS Mulai 2028
|Baca juga: Sembari Menyelam Minum Air Ala Astra Financial
Head of Sustainability Maybank Indonesia Maria Trifanny Fransiska mengatakan rangkaian kegiatan CashVille Kidz 2025 dilakukan sejalan dengan kampanye Gerakan Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (GENCARKAN) yang diinisiasi OJK guna membentuk generasi muda yang cerdas dan bertanggung jawab secara finansial.
“Dengan pendekatan kolaboratif, inklusif, dan berbasis komunitas, Maybank Indonesia berharap CashVille Kidz dapat terus menjadi sarana strategis dalam mencetak generasi muda yang melek finansial dan mampu mengelola masa depan mereka dengan percaya diri,” pungkas Maria.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News