1
1

Volume Transaksi Merchant BRI (BBRI) Naik 27,2%, Tembus Rp105,5 Triliun!

Gedung BRI. | Foto: BRI

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI terus memperkuat perannya dalam ekosistem pembayaran digital melalui pertumbuhan signifikan transaksi merchant dan QRIS, disertai dengan berbagai inovasi terbaru pada super apps BRImo.

Pada paruh pertama 2025, BRI mencatatkan kinerja positif di segmen merchant dengan nilai penjualan sales volume merchant mencapai Rp105,5 triliun, tumbuh 27,2 persen secara tahunan (yoy) dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan ini juga tercermin pada rata-rata penjualan per merchant yang naik 62,5 persen (yoy).

Direktur Network & Retail Funding BRI Aquarius Rudianto mengaku pertumbuhan transaksi merchant BRI menunjukkan semakin kuatnya kepercayaan pelaku usaha terhadap layanan digital BRI.

“Hal ini sejalan dengan misi BRI untuk memberdayakan UMKM melalui akses keuangan yang lebih mudah, aman, dan efisien,” ungkap Aquarius dikutip dari keterangannya, Senin, 15 September 2025.

|Baca juga: Kredit BNI (BBNI) Tumbuh 7,1% Jadi Rp778,7 Triliun di Semester I/2025

|Baca juga: Maybank Indonesia (BNII) Himpun DPK Rp114,70 Triliun di Semester I/2025

|Baca juga: Kredit Bank Jago (ARTO) Tumbuh 37% di Semester I/2025

Selain itu, transaksi melalui QRIS BRI tercatat tumbuh signifikan dengan nilai transaksi di semester I/2025 meningkat 142,9 persen (yoy) dan rata-rata nilai transaksi per toko naik 141,5 persen (yoy). Sementara dari sisi frekuensi, jumlah transaksi QRIS melesat 162,5 persen (yoy).

Sedangkan BRI menghadirkan inovasi utama QRIS di BRImo yaitu QRIS Crossborder yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi lintas negara di Singapura (Nets QR), Malaysia (DuitNow), dan Jepang (JPQR) hanya dengan memindai QR lokal.

Selain itu, juga terdapat fitur QRIS dengan sumber dana kartu kredit yang memberikan fleksibilitas bagi nasabah untuk memilih kartu kredit BRI sebagai sumber dana pembayaran, khususnya untuk transaksi bernilai besar.

BRI juga menyederhanakan pengalaman pengguna dengan menghadirkan seluruh layanan berbasis QRIS, mulai dari QRIS Bayar, QRIS Transfer, hingga QRIS Tap, dalam satu menu QRIS terpadu sehingga transaksi menjadi lebih cepat, praktis, dan efisien.

“Dengan strategi tersebut, BRI optimistis dapat memberikan nilai tambah yang lebih besar bagi nasabah, pelaku usaha, dan perekonomian nasional secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post DPK Bank Jago (ARTO) Naik 51% Jadi Rp22,4 Triliun di Semester I/2025
Next Post BSI (BRIS) Komitmen Berdayakan Ekonomi Kerakyatan Lewat Penguatan UMKM

Member Login

or