Media Asuransi, GLOBAL – Otoritas Pengaturan dan Pengembangan Asuransi India (IRDAI) mengumumkan kebijakan baru yang bertujuan memperkuat hak-hak pemegang polis asuransi melalui surat edaran terbaru.
Dalam kebijakan ini, IRDAI menetapkan periode lihat gratis selama 30 hari untuk semua polis asuransi jiwa dan kesehatan, memberikan waktu bagi pemegang polis untuk meninjau ketentuan polis tanpa risiko finansial.
Kebijakan baru ini menggantikan 30 surat edaran sebelumnya, dengan menggabungkan hak-hak pemegang polis ke dalam satu dokumen terpadu. Langkah ini bertujuan untuk mempercepat proses penyelesaian klaim dan meningkatkan standar layanan di industri asuransi.
Salah satu poin penting dari surat edaran ini adalah kewajiban bagi perusahaan asuransi untuk menyediakan Lembar Informasi Pelanggan atau Customer Information Sheet (CIS) di semua segmen asuransi.
Dilansir dari laman Insurance Asia, Selasa, 10 September 2024, CIS ini akan menjelaskan secara rinci fitur, manfaat, dan pengecualian polis. Selain itu, formulir proposal dan CIS juga harus tersedia dalam bahasa daerah jika diminta oleh pemegang polis.
|Baca juga: Begini Jurus Ampuh AXA Financial Indonesia Atasi Ledakan Biaya Kesehatan
|Baca juga: AXA Health Protector Resmi Meluncur untuk Nasabah Usia 15 Hari hingga 80 Tahun
Untuk meningkatkan transparansi, perusahaan asuransi juga diwajibkan menyediakan alat verifikasi saluran distribusi di situs web mereka. Ini memungkinkan pelanggan untuk memeriksa apakah agen atau perwakilan yang menawarkan produk asuransi adalah saluran distribusi yang sah.
Kebijakan baru ini juga mencakup aturan baru yang mewajibkan pengumpulan detail nominee, termasuk informasi rekening bank, guna memudahkan proses penyelesaian klaim jika pemegang polis meninggal dunia. Selain itu, perusahaan asuransi harus mengintegrasikan sistem mereka dengan Digilocker untuk memberikan akses digital ke dokumen polis.
IRDAI juga mewajibkan perusahaan asuransi untuk menetapkan Piagam Warga Negara yang menjelaskan standar layanan mereka serta mematuhi waktu penyelesaian yang telah ditentukan untuk pemrosesan polis dan klaim. Pemegang polis juga dapat mencari dana yang tidak diklaim melalui situs web Bima Bharosa atau platform digital dari perusahaan asuransi terkait.
Dengan serangkaian langkah ini, IRDAI berharap dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi di India, sambil memastikan bahwa pemegang polis mendapatkan perlindungan dan layanan yang lebih baik.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News