1
1

Tabungan Haji Bank Mega Syariah Naik 15% hingga Maret 2025

Ilustrasi. | Foto: Bank Mega Syariah

Media Asuransi, JAKARTA – Bank Mega Syariah mencatatkan pertumbuhan positif pada produk Tabungan Haji. Berdasarkan data per Maret 2025, jumlah dana kelolaan Tabungan haji tumbuh lebih dari 15 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Jumlah nasabah juga naik lebih dari empat persen dari Maret 2024.

Terdapat adanya perubahan gaya hidup di kalangan generasi muda Indonesia yang kini semakin sadar akan pentingnya merencanakan ibadah haji sejak dini. Hal tersebut juga tercermin di Bank Mega Syariah di mana nasabah tabungan haji yang berusia di bawah 42 tahun mengalami peningkatan.

Per Maret 2025, nasabah tabungan haji untuk Gen Z (kisaran usia 10–25 tahun) tumbuh 61,4 persen dari Maret 2024 dan Gen Y (kisaran usia 26–41 tahun) tumbuh lebih dari 17 persen. Sementara Gen X (sekitar usia 42–57 tahun) mencatatkan pertumbuhan lebih dari lima persen secara tahunan.

|Baca juga: Ciptakan Ekonomi Inklusif, BRI Group Berdayakan 14,4 Juta Pengusaha Wanita di Hari Kartini

|Baca juga: Waspada, Tarif AS Diramal Hantam Investasi dan Likuiditas Industri Perbankan RI!

Sedangkan kontribusi nasabah Gen Z dan Gen Y terhadap total nasabah tabungan haji meningkat dari 21,7 persen di Maret 2024 menjadi 24,5 persen di Maret 2025.

Product Development & Portfolio Management Division Head Bank Mega Syariah Veronica H Sisilia menyampaikan Bank Mega Syariah menyadari setiap generasi memiliki karakteristik dan preferensi yang berbeda. Gen Z yang sangat akrab dengan teknologi dan cenderung gemar mengikuti tren, perlu layanan yang serba digital, cepat dan mudah diakses kapan saja.

Sementara Gen Y atau generasi milenial banyak mencari promo dan lebih mempertimbangkan masa depan dalam keputusan finansialnya. Adapun Gen X tidak lagi tertarik pada promo dan lebih mengutamakan kualitas terbaik serta perencanaan keuangan berbasis investasi.

“Kami terus berinovasi agar bisa hadir sesuai dengan cara hidup dan aspirasi masing-masing generasi. Gen Z dan Gen Y (milenial) cenderung menginginkan segala sesuatu yang instan, mudah, dan terintegrasi secara digital. Karena itu, kami menghadirkan solusi tabungan haji yang lebih praktis dan mudah langsung dari smartphone,” ujar Veronica.

Salah satu inovasi yang dihadirkan adalah kemudahan membuka rekening Tabungan Haji secara digital melalui aplikasi M-Syariah tanpa perlu datang ke kantor cabang. Di dalam aplikasi ini, nasabah juga dapat memantau perkembangan saldo, mendapatkan notifikasi rutin, dan melakukan simulasi rencana tabungan sesuai target keberangkatan.

|Baca juga: OJK Izinkan Perubahan Nama PT Asia Finance Risk menjadi PT Asia Finance Risk Pialang Asuransi

|Baca juga: BI Tarik Uang Rupiah Lama, Ini Pecahan yang Harus Kamu Tukar Sebelum Akhir April!

Inovasi ini sejalan dengan kebutuhan nasabah muda yang menginginkan pengalaman bertransaksi yang cepat, praktis, dan fleksibel. “Ibadah haji adalah panggilan suci yang dapat dicapai oleh siapa saja, tanpa memandang usia atau status sosial. Ini sejalan dengan semangat kampanye yang digalakkan Bank Mega Syariah dalam memberi kemudahan berhaji,” ungkap Veronica.

Dalam upaya memperluas jangkauan nasabah Haji, Bank Mega Syariah melakukan pendekatan berbasis komunitas baik keagamaan, sosial, maupun profesional. Selain itu, pendekatan ke segmen korporasi juga dilakukan dengan menawarkan produk tabungan Haji ke karyawan, nasabah, maupun ekosistem yang terdapat di dalam nasabah korporasi tersebut.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post IHSG Diramal Bergerak Mixed, Ajaib Rekomendasikan Saham UNTR, PSAB, PGEO
Next Post Igloo Gandeng JMT Network Services Bidik Pasar Indonesia

Member Login

or