1

Danamon Bermitra dengan 6Estates Tingkatkan Pemrosesan Kredit dengan AI

Kerja sama Bank Danamon dengan 6Estates Pte Ltd (6Estates) dalam penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam pemrosesan kredit. | Foto: bank Danamon

Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) atau Danamon, anggota MUFG, grup jasa keuangan global, dan 6Estates Pte Ltd (6Estates), perusahaan spesialis kecerdasan buatan untuk bisnis asal Singapura, mengumumkan kemitraan strategis untuk mendukung inovasi Danamon dalam penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam pemrosesan kredit.

“Kemitraan ini akan memiliki peran penting dalam transformasi digital Danamon serta mendukung strategi inovasi yang dimiliki oleh grup MUFG sebagai induk perusahaan Danamon,”  kata  Direktur Global Alliance Strategy Danamon, Jin Yoshida, dalam keterangan resminya, Jumat, 9 Mei 2025.

|Baca juga: Bank Danamon (BDMN) Bagi Dividen Tunai Rp1,11 Triliun

Dia menjelaskan bahwa Danamon kini sedang menjalankan transformasi digital yang akan menjadi landasan untuk terus menghadirkan nilai bagi nasabah dan mitra. Menurutnya, teknologi domain-specific large language model AI yang dikembangkan 6Estates memungkinkan Danamon untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi operasional dalam bisnis kreditnya, serta pada saat yang sama, mendukung pencapaian visi bersama dengan MUFG untuk mendorong digitalisasi dan inklusi keuangan di seluruh Indonesia.

|Baca juga: Peringkat Bank Danamon Diafirmasi BBB dengan Outlook Stabil

Chief Executive Officer 6Estates, Luan Huanbo, menjelaskan bahwa pihaknya bangga dapat mendukung Danamon menyediakan otomasi yang menghasilkan dampak nyata dan terukur. “Solusi AI kami dikembangkan secara khusus untuk institusi keuangan dan telah berhasil digunakan di kawasan Asia untuk mendukung bank dan kreditur lainnya mengambil keputusan yang lebih cepat, dengan skala yang lebih besar, dan lebih cerdas,” katanya.

Pada tahap awal dari kolaborasi Danamon dengan 6Estates, Danamon memanfaatkan platform finance-as-a-service (FAAS) 6Estates yang memanfaatkan AI untuk mengotomasi proses analisis rekening koran, termasuk mengidentifikasi indikasi fraud, dengan cara yang aman.

Dalam fase awal implementasi kemitraan ini, Danamon telah memanfaatkan solusi 6Estates untuk memproses rata-rata lebih dari 70.000 halaman dokumentasi kredit setiap bulannya untuk mendukung bisnis Consumer Banking, SME Banking, dan Enterprise Banking.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Milad ke-33, Bank Muamalat Ingin Jadi yang Terbaik Jalankan Maqashid Syariah
Next Post Uang Primer Adjusted April 2025 Tumbuh 13,0%

Member Login

or