Media Asuransi, JAKARTA – KCIC mencatat peningkatan signifikan pada jumlah pengguna rutin layanan Kereta Cepat Whoosh. Sepanjang 2025, penjualan Kartu Langganan Whoosh atau Frequent Whoosher Card (FWC) telah mencapai 17.515 kartu, naik sekitar 403% atau empat kali lipat dibandingkan 2024 yang mencatat 3.481 kartu. Secara keseluruhan sejak program ini diluncurkan, total FWC yang telah terjual mencapai 20.996 kartu.
General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan peningkatan ini menunjukkan semakin banyak masyarakat yang menjadikan Whoosh sebagai moda transportasi utama, khususnya pelajar, pekerja, dan para commuter dengan mobilitas tinggi antara Jakarta dan Bandung.
|Baca juga: 79% Tiket Whoosh Dibeli Lewat Online
“Tren ini sejalan dengan semakin banyaknya pengguna rutin yang memanfaatkan Whoosh untuk aktivitas harian karena efisiensi waktu dan biaya yang ditawarkan. Kartu langganan Whoosh menjadi pilihan bagi yang membutuhkan transportasi cepat, tepat waktu, dan berbiaya pasti,” ujar Eva dikutip dari keterangannya, Kamis, 16 Oktober 2025.
Frequent Whoosher Card memberikan keuntungan utama berupa harga pasti tanpa tarif dinamis, sehingga pengguna tidak terpengaruh kenaikan harga pada jam sibuk, akhir pekan, maupun musim liburan.
|Baca juga: Hingga Juli 2025, Whoosh Layani 10,7 Penumpang
Dari total 20.996 kartu yang terjual, sebanyak 5.305 kartu merupakan skema awal dan 15.691 kartu berasal dari skema baru yang diluncurkan pada Februari 2025. Mayoritas kartu yang terjual rute Jaban (Jakarta–Bandung) dengan total 14.514 kartu atau sekitar 92,5% dari penjualan skema baru, diikuti rute Jaka (Jakarta–Karawang) sebanyak 683 kartu, dan Kaban (Karawang–Bandung) sebanyak 494 kartu.
Terdapat 2 tipe Frequent Whoosher Card yaitu Gold Card yang berlaku untuk 20 kali perjalanan dengan masa aktif 2 bulan, dan Silver Card untuk 10 kali perjalanan dengan masa aktif 1 bulan sejak pembelian.
“Dengan adanya Frequent Whoosher Card, masyarakat tidak hanya mendapatkan layanan cepat dan tepat waktu, tetapi juga kepastian tarif dan kemudahan dalam mengatur perjalanan rutin. KCIC akan terus meningkatkan layanan bagi para pengguna setia Whoosh,” ujar Eva.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News