1
1

Pembelian Asuransi Kendaraan Gen Z di Oona Insurance Melejit 7 Kali Lipat, Ini Faktornya!

Oona Insurance. | Foto: myoona.id

Media Asuransi, JAKARTA – PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk atau Oona Insurance Indonesia (ABDA) mencatat lonjakan hingga tujuh kali lipat pembelian asuransi kendaraan oleh generasi Z (kelahiran 1997–2012) pada kuartal I/2025.

Chief of Investment and Strategy Oona Insurance Indonesia Iwan Kurniawan menyebutkan peningkatan tajam dari segmen Gen Z dalam pembelian asuransi kendaraan menunjukkan kesadaran dan sikap proaktif terhadap perlindungan finansial mulai tumbuh kuat di generasi ini.

|Baca juga: OCBC Ungkap Cara Menghapus Bias Gender Demi Dunia Kerja yang Setara

|Baca juga: Maruf Amin Beberkan 3 Langkah Strategis untuk Membangun Ekonomi Syariah di RI

“Namun, jika dilihat secara keseluruhan, generasi milenial masih menjadi kontributor terbesar, dengan menyumbang sekitar 70 persen dari total pangsa asuransi kendaraan di Oona,” ujar Iwan Kurniawan, dikutip dari keterangan resminya, Jumat, 15 Agustus 2025.

Dominasi milenial dipengaruhi tingkat kepemilikan kendaraan yang lebih tinggi dan kondisi finansial yang lebih mapan. Kebijakan seperti kewajiban memiliki asuransi tanggung jawab pihak ketiga atau Third Party Liability (TPL) sesuai UU P2SK No. 4 Tahun 2023 juga mendorong pembelian asuransi di berbagai kelompok usia, terutama kendaraan yang dibeli secara kredit.

Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di Indonesia selama semester pertama 2025 mencapai 390.467 unit atau turun 9,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Iwan menyebut ada dua faktor utama yang mendorong Gen Z mulai melirik asuransi kendaraan yakni meningkatnya kesadaran akan pentingnya perlindungan finansial dan kemudahan akses layanan yang membuat mereka lebih tertarik untuk membeli produk tersebut.

|Baca juga: Sri Mulyani Klaim Pemerintah Terus Berkomitmen Kembangkan Ekonomi Syariah

|Baca juga: Bos BI Ungkap RI Masuk 3 Besar Keuangan Syariah Dunia, Fesyen Muslim Jadi Kiblat Global!

“Di Oona, kami sangat fokus menghadirkan pengalaman yang mudah dan serba digital. Melalui platform kami, pelanggan bisa membeli asuransi, mendapatkan layanan darurat ketika di perjalanan, mencari bengkel rekanan, dan mengajukan klaim, semuanya bisa dilakukan secara daring, kapan pun dan di mana pun,” jelasnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Gen Z merupakan kelompok demografi terbesar di Indonesia dengan populasi sekitar 74,93 juta orang atau 27,94 persen dari total penduduk. Perilaku konsumsi mereka dipengaruhi oleh platform digital dan media sosial, membuat mereka mengutamakan kecepatan, transparansi, dan kemudahan.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Penyaluran Pembiayaan Bank Mega Syariah Capai Rp9,55 Triliun di Semester I/2025
Next Post Bank Mandiri (BMRI) Gandeng PwC Hadirkan Layanan Wealth Advisory Demi Manjakan Nasabah

Member Login

or