1
1

Premi Reasuransi Melandai di Tahun Baru, Pasar Mulai Bergairah?

Ilustrasi. | Foto: Freepik

Media Asuransi, GLOBAL – Laporan terbaru broker global yakni Howden menyebutkan sektor reasuransi diprediksi memasuki fase baru setelah ketersediaan kapasitas yang dapat digunakan di pasar menyebabkan pergeseran dari periode kenaikan tarif yang berkepanjangan.

Mengutip Insurance Business, Senin, 6 Januari 2025, laporan pasar Howden 2025 berjudul ‘Past the Pricing Peak‘ mencatat dinamika pasokan yang menguntungkan semakin terlihat dalam pasar asuransi komersial dan reasuransi selama 12 bulan terakhir.

|Baca juga: MK: Pasal 251 KUHD adalah Produk Hukum Belanda sehingga Tak Relevan Lagi

|Baca juga: Mencermati Putusan MK No. 83/PUU-XXII-2024 Uji Materi Pasal 251 KUHD

Hal ini menjadi penting dalam perpanjangan kontrak reasuransi pada 1 Januari 2025 karena mendorong kompetisi dan mengarah pada penurunan tarif yang disesuaikan dengan risiko di berbagai sektor.

Dengan lingkungan penjaminan yang berkembang pesat, kinerja pasar tetap kokoh. Pembeli dapat mengharapkan kondisi pasar yang menguntungkan ini di sebagian besar lini bisnis pada 2025. Sektor reasuransi terus menunjukkan peluang besar untuk pertumbuhan.

Perusahaan-perusahaan di sektor ini melaksanakan strategi yang tidak hanya memenuhi biaya modal mereka, tetapi dalam banyak kasus melebihi target pengembalian. Menurut CEO Howden Re Tim Ronda, sektor ini menawarkan potensi pertumbuhan yang kaya dan peluang menarik.

Laporan Howden menemukan ada pelonggaran permintaan reasuransi yang didorong oleh pengalaman kerugian yang volatil, meningkatnya eksposur, dan perubahan model. Pasar mulai mengadopsi pendekatan yang lebih rinci dengan diferensiasi yang signifikan antara klien dan program.

|Baca juga: DAI Masih Menganalisa Dampak Putusan MK yang Menyatakan Norma Pasal 251 KUHD Inkonstitusional Bersyarat

|Baca juga: MK Nyatakan Norma Pasal 251 KUHD Inkonstitusional Bersyarat

“Laporan kami menjadi semacam alarm bagi industri ini. Para perusahaan reasuransi telah mengalami pertumbuhan yang kuat selama hampir satu dekade, namun seperti yang kami tunjukkan, ketergantungan pada harga saja tidak lagi cukup untuk mempertahankan momentum tersebut,” kata Pendiri dan CEO Howden David Howden.

David Howden menambahkan penekanan yang lebih besar pada inovasi, kolaborasi, dan mendengarkan kebutuhan pelanggan akan menghasilkan kemenangan bersama bagi klien, masyarakat, dan perusahaan asuransi.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Wamen BUMN: Transformasi Digital Jadi Keharusan di Industri Perbankan Modern
Next Post DAI Siap Ambil Langkah Strategis Hadapi Putusan MK soal Pasal 251 KUHD

Member Login

or