1
1

KAI Group Layani 338,14 Juta Penumpang

Penumpang kereta Api memadati Stasiun Kereta Api Pasar Senen beberapa waktu lalu. | Foto: Media Asuransi/Arief Wahyudi

Media Asuransi, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat peningkatan volume angkutan penumpang hingga kuartal III/2024. Periode 1 Januari hingga 30 September 2024, KAI Group berhasil melayani sebanyak 338.147.389 penumpang yang terdiri dari 38.667.118 penumpang dikelola langsung oleh KAI, 275.768.006 penumpang KAI Commuter, 4.178.617 penumpang KAI Bandara, 14.653.832 penumpang LRT Jabodebek, 108.836 penumpang KAI Wisata, dan 4.770.980 penumpang Whoosh.

“Hingga bulan September 2024, KAI berhasil melayani penumpang KA jarak jauh dan lokal sebanyak 38.667.118, meningkat 8,46 persen dibandingkan periode yang sama di 2023 yaitu sebanyak 35.650.629 penumpang,” ungkap VP Public Relations KAI, Anne Purba, dalam keterangan resminya, Selasa, 8 Oktober 2024.

|Baca juga: Bank Mandiri dan KAI Group Kompak Perluas Ekosistem Digital di Sektor Transportasi

Adapun untuk angkutan lainnya juga mengalami peningkatan selama periode Januari hingga September 2024. Seperti, KAI Commuter yang melayani penumpang KRL dan KA Lokal mencatat angka 275.768.006 penumpang atau meningkat 14,46 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu yaitu 240.927.905 penumpang. Penumpang KAI Wisata juga meningkat signifikan, yakni sebesar 70,82 persen, dari 63.713 penumpang menjadi 108.836 penumpang.

“KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan melalui berbagai inovasi yang secara konsisten dihadirkan,” lanjutnya.

|Baca juga: 8 CEO Kereta Api ASEAN Jajal Whoosh, Bukti Keunggulan Transportasi Cepat Indonesia!

Anne mengatakan peningkatan volume penumpang ini didukung oleh perbaikan performa ketepatan waktu kereta api, baik dalam hal keberangkatan maupun kedatangan. Pada Agustus 2024 tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,85 persen, meningkat dari 99,76 persen dibanding periode yang sama 2023. Sementara itu, tingkat ketepatan waktu kedatangan pada Agustus 2024 tercatat 97,87 persen meningkat dibanding Agustus 2023 yakni 95,46 persen.

“KAI akan terus melakukan perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta menjaga keselamatan perjalanan kereta api. Dengan peningkatan kualitas secara berkelanjutan ini, kami berharap kereta api tetap menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan,” ujar Anne.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Benahi Citra, Industri Asuransi Harus Jujur dan Transparan!
Next Post Konsisten Dukung Pendidikan di Indonesia, Tugu Insurance Bangun Perpustakaan dan Berikan Literasi Keuangan untuk Siswa

Member Login

or