Media Asuransi, JAKARTA – KAI Group dalam periode angkutan Lebaran 2025/1446 H sejak 21 Maret hingga 7 April 2025, telah melayani sebanyak 23.097.494 pelanggan melalui berbagai moda transportasi yang terintegrasi, aman, dan efisien.
“Lebaran tahun ini menjadi bukti nyata bagaimana moda kereta api dan seluruh layanannya telah menjadi pilihan utama masyarakat dalam bermobilitas. Jumlah pelanggan yang luar biasa ini menunjukkan kepercayaan publik yang semakin tinggi terhadap sistem transportasi massal berbasis rel,” ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, dalam keterangan resmi, Selasa, 8 April 2025.
Dari total pelanggan tersebut, 3.899.662 pelanggan merupakan pengguna kereta api jarak jauh dan kereta lokal yang dioperasikan langsung oleh KAI. KAI Commuter mendominasi angka dengan melayani 17.319.808 pelanggan, mencerminkan tingginya mobilitas harian masyarakat di wilayah aglomerasi.
|Baca juga:Turun, Jumlah Penumpang Pesawat, Kapal Laut, dan Kereta Api di Februari 2025
Layanan lainnya seperti LRT Sumatera Selatan (288.111 pelanggan), KAI Bandara (390.475), KAI Wisata (16.751), LRT Jabodebek (875.648), KCIC Whoosh (292.604), dan KA Makassar–Parepare (14.435) turut menyumbang angka signifikan.
Guna mendukung mobilitas ini, KAI Group menyediakan 59,1 juta tempat duduk, yakni 98 persen di antaranya merupakan tempat duduk kelas ekonomi, bentuk komitmen KAI untuk memastikan akses transportasi yang terjangkau dan inklusif bagi semua kalangan.
“Selama masa angkutan lebaran, geliat mobilitas masyarakat mencapai titik tertingginya. Berbagai moda transportasi mencatat rekor jumlah penumpang harian yang mencerminkan besarnya animo publik untuk mudik dan balik menggunakan moda yang andal, aman, dan nyaman. KAI Group mencatat data penting yang menegaskan bahwa angkutan kereta tetap menjadi tulang punggung transportasi nasional, termasuk untuk perjalanan antarkota, perkotaan, hingga destinasi wisata,” tambah Anne.
|Baca juga:KAI Group Catat Peningkatan Layanan Kereta Api Naik 6,07% Saat Libur Nataru
Puncak pergerakan pelanggan Kereta Api Jarak Jauh tercatat pada 2 April dengan angka 223.348 pelanggan. Sehari berselang, giliran KA Lokal yang mencetak rekor 52.364 pelanggan. Angka ini menunjukkan bahwa selain untuk perjalanan lintas provinsi, kereta juga menjadi pilihan utama masyarakat untuk mobilitas jarak dekat selama periode lebaran. Lonjakan ini tidak lepas dari kesiapan armada, fasilitas, serta pelayanan yang terus ditingkatkan oleh KAI demi kenyamanan pelanggan.
Moda transportasi berbasis rel lainnya, seperti Whoosh yang dikelola KCIC juga menunjukkan performa gemilang. Pada 6 April, jumlah penumpang Whoosh mencapai rekor 23.462 orang. Tidak ketinggalan, LRT Sumatera Selatan mencatatkan puncak 31.579 pelanggan pada 3 April, menegaskan peran strategisnya dalam menghubungkan Kota Palembang dengan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.
Pencapaian luar biasa selama masa Angkutan Lebaran 2025 ini menjadi bukti nyata bahwa KAI Group mampu menghadirkan solusi mobilitas yang aman, massif, dan terintegrasi di tengah tingginya kebutuhan masyarakat akan transportasi yang andal.
“Sinergi antarmoda serta peningkatan layanan yang terus dilakukan terbukti mampu menjawab tantangan dan ekspektasi pelanggan selama masa arus mudik dan balik. Angkutan Lebaran tahun ini menunjukkan bahwa sistem transportasi berbasis rel semakin matang dan dapat diandalkan,” ujar Anne.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News