Media Asuransi, JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyampaikan bahwa produk halal, ramah lingkungan, dan produk-produk yang berkelanjutan, akan eksis dan memiliki banyak peminat di kalangan masyarakat global.
“Produk halal, produk ramah lingkungan, dan produk berkelanjutan mulai diminati masyarakat global. Perdagangan global pun telah mengalami transformasi yang luar biasa dalam beberapa dekade terakhir. Pergeseran peran negara-negara maju dan pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembangjugatelah membuka peluang perdagangan yang lebih besar,” ujar Plh Kepala Badan Kebijakan Perdagangan, Didi Sumedi, di Jakarta, Kamis, 23 November 2023.
|Baca juga: Pemerintah RI Kenalkan Produk Asli Indonesia di Halal Expo Kazakhstan
Menurutnya, ini akan menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pelaku usaha Indonesia pada 2024. Perubahan peta rantai pasok global serta berbagai konflik yang terjadi saat ini, juga turut mempengaruhi perdagangan Indonesia di pasar nasional dan global.
Saat ini Kemendag tengah fokus pada ekspor barang dan jasa bernilai tambah tinggi untuk meningkatkan produktivitas ekonomi dan mendukung peningkatan kinerja ekspor di tahun 2024. Salah satunya melalui kebijakan penguatan daya saing ekspor dalam mendukung ekonomi berkelanjutan.
“Kementerian Perdagangan akan meningkatkan ekspor produk bernilai tambah dan berkelanjutan melalui promosi perdagangan, penguatan informasi ekspor, mendorong kebijakan hirilisasi ekspor, kebijakan perdagangan hijau, serta kebijakan pemberian fasilitas ekspor. Dalam menangkap peluang dan menghadapi tantangan ke depan, tentu memerlukan kerja sama dan kolaborasi seluruh pihak, termasuk peran dari para akademisi dan pelaku usaha,“ ujar Didi.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News