1
1

Azko (ACES) Catatkan Penjualan Rp2,14 Triliun pada Kuartal I/2025

PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) kini menggunakan merek AZKO. | Foto: azko.id

Media Asuransi, JAKARTA – PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) pada kuartal pertama 2025 membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 7,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menjadi Rp2,14 triliun.

Pertumbuhan penjualan yang positif didorong oleh peluncuran merek AZKO, peningkatan aktivitas belanja selama periode Ramadan dan Lebaran, serta kontribusi kinerja Same Store Sales Growth (SSSG) yang tetap solid.

Pertumbuhan Same Store Sales Growth (SSSG) pada 3 bulan pertama 2025 tercatat sebesar 2,2%. Sementara itu, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat mengalami penurunan dari Rp204,82 miliar pada kuartal pertama 2024 menjadi Rp141,60 miliar.

|Baca juga:Aspirasi Hidup Indonesia (ACES) Cetak Laba Rp892 Miliar di 2024

Penurunan yang terjadi telah diperkirakan sebelumnya seiring dengan peningkatan biaya operasional yang disebabkan oleh pergeseran waktu pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Idulfitri tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya yang jatuh pada kuartal II, serta kenaikan pada biaya iklan dan promosi untuk kegiatan rebranding AZKO.

Namun, jika melihat kinerja operasional di luar faktor THR, Perusahaan masih mencatatkan pertumbuhan laba operasi sekitar 4%. Manajemen tetap optimistis dapat membukukan pertumbuhan laba bersih yang positif untuk tahun penuh 2025.

“Kami melihat respons positif dari pelanggan terhadap peluncuran merek AZKO, yang menjadi tonggak penting setelah 30 tahun kami melayani masyarakat Indonesia. Antusiasme pelanggan juga tercermin dari sambutan yang baik di setiap pembukaan toko baru di berbagai kota,” kata Gregory S. Widjaja, Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, dalam keterangan resmi dikutip, Jumat, 2 Mei 2025.

|Baca juga: Wow! Laba Bersih MR DIY Naik 160% pada Kuartal I/2025

Dengan strategi yang mengedepankan relevansi terhadap kebutuhan pelanggan, perluasan jangkauan, serta penguatan pengalaman belanja yang seamless dan terintegrasi, kami yakin berada di jalur yang tepat untuk terus tumbuh secara berkelanjutan.

“Di sisa sembilan bulan tahun 2025 ini, berbagai inisiatif telah kami siapkan untuk memperkuat kapabilitas operasional sekaligus memperluas dampak positif, baik dari sisi bisnis maupun sosial,” ujarnya.

Untuk tahun penuh 2025, Perusahaan telah menetapkan alokasi belanja modal (Capital Expenditure/CapEx) sebesar Rp250 miliar–Rp300 miliar, dengan realisasi CapEx yang tercatat hingga akhir bulan Maret 2025 sebesar Rp43,55 miliar. Alokasi ini difokuskan untuk mendukung pengembangan bisnis berkelanjutan melalui ekspansi pembukaan 25 hingga 30 toko baru di berbagai wilayah Indonesia, serta inovasi konsep toko yang lebih solutif, inspiratif, dan berorientasi pada pelanggan.

Sejalan dengan strategi ekspansi yang telah ditetapkan, sepanjang kuartal pertama 2025, Perusahaan membuka empat toko AZKO di berbagai wilayah baru, termasuk kawasan Indonesia paling timur, Abepura, Papua, dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Bersamaan dengan langkah ini, perusahaan juga menjalankan program AZKO Berbagi Cahaya sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan, dengan mendukung efisiensi energi melalui pemberian Lampu LED KRISBOW Hemat Energi di dua rumah ibadah terbesar di Abepura, yakni Gereja GKI Tanah Papua PNIEL dan Masjid Agung As-Sholihin.

Editor: Achmad Aris

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Sektor Manufaktur Indonesia Terkontraksi di Bawah 50,0 pada April 2025
Next Post MNC Kapital Indonesia (BCAP) Raih Pendapatan Konsolidasi Rp903,9 Miliar

Member Login

or