1
1

MNC Digital Entertainment (MSIN) Cetak Pendapatan Rp3,47 Triliun

PT MNC Digital Entertainment Tbk (IDX: MSIN) merupakan anak usaha dari PT Media Nusantara Citra Tbk yang menyediakan produksi konten program televisi. | Foto: MNC Digitl.com

Media Asuransi, JAKARTA – PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN), anak perusahaan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN), mencatatkan pendapatan pada tahun 2024 sebesar Rp3,47 triliun, tumbuh 18% YoY sementara EBITDA tumbuh menjadi Rp760 miliar, naik 22% YoY.

Kinerja perseroan yang kuat sebagian disebabkan oleh peningkatan produksi konten dan IP MSIN, dalam bentuk konten drama, infotainment, reality, dan animasi. Selain itu, lini bisnis lain seperti talen, media sosial, portal, dan lainnya tetap menjadi bagian bisnis yang strategis dan mencatat pertumbuhan positif di tahun 2024.

Pada saat ini, MSIN mengumumkan kinerja gabungan OTT untuk FY-2024, yang mewakili sebagian besar dari bisnis MSIN. RCTI+ (AVOD superapp) dan Vision+ (SVOD superapp) bersama-sama memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan dan 2,85 juta pelanggan berbayar pada 2024.

|Baca juga:MNC Digital Entertainment (MSIN) Raih Restu Stock Split dari Pemegang Saham

Pertumbuhan luar biasa dalam basis pengguna dan pelanggan ini merupakan hasil dari strategi konten Perseroan, yang menawarkan beragam produksi in-house terbaik dan program olahraga populer sepanjang tahun.

Superapps milik MSIN menghasilkan pendapatan sebesar Rp1,48 triliun pada FY-2024, mencerminkan peningkatan 11% YoY, sementara EBITDA mencapai Rp329 miliar, mewakili pertumbuhan 6% YoY. Sebagai gambaran seberapa baik kinerja superapps, dalam hal pendapatan dan EBITDA, keduanya telah berkontribusi sebesar 43% terhadap pencapaian finansial MSIN.

Kinerja kuat ini didorong oleh pustaka konten internal pada superapps yang besar, menawarkan lebih dari 27.000 jam konten VOD di kedua platform, bersama dengan produksi orisinil dan program olahraga premium, yang memainkan peran penting dalam hasil yang baik ini.

|Baca juga:MNC Digital Entertainment (MSIN) Serap PMTHMETD Tripar Multivision Plus (RAAM)

Selain itu, total transaksi Vision+ pada tahun 2024 juga meningkat drastis menjadi 5,4 juta dari 1,1 juta pada tahun 2023. Produksi orisinil adalah salah satu katalis utama yang mendorong pengguna baru untuk masuk ke platform.

Vision+ telah melahirkan lebih dari 10 judul baru di tahun 2024, seperti Inul & Adam, Dendam, Pay Later, Second Account, dan Sekuriti. Berikutnya, Culture Shock akan dirilis pada 21 Februari 2025 dan Sugar daddy pada Mei 2025.

Valencia Tanoesoedibjo, Direktur MSIN mengatakan pihaknya puas dengan posisi yang kuat pada platform OTT perseroan saat ini, terutama karena industri OTT terus mengalami pertumbuhan yang signifikan di Indonesia. MSIN akan memanfaatkan momentum ini dengan memanfaatkan supply konten berkualitas tinggi dari dalam grup.

“Menatap tahun 2025, kami sangat antusias dengan peluang untuk mencapai tingkatan baru dan mendorong kemajuan lebih lanjut. Kami optimis bahwa inisiatif terbaru kami akan membuahkan hasil yang luar biasa dan berkontribusi terhadap kesuksesan kami yang berkelanjutan,” katanya dalam keterangan resmi dikutip, Rabu, 19 Februari 2025.

Editor: Achmad Aris

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Bank Mandiri (BMRI) Dorong UMKM Naik Kelas Melalui Rumah BUMN
Next Post Tokio Marine Indonesia Bukukan Premi Rp2,3 Triliun di 2024

Member Login

or