1
1

Pemilu di Depan Mata, Berikut 3 Rekomendasi Saham Jemput Cuan Minggu Ini

Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia. | Foto: Arief Wahyudi

Media Asuransi, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pekan lalu yang ditutup pada Rabu, 7 Februari 2024 karena ada libur Isra Mikraj 1445 H pada Kamis, 8 Februari 2024 dan cuti bersama Imlek 2024 pada Jumat, 9 Februari 2024 ditutup di level 7.235. Indeks acuan saham Indonesia turun 0,06 persen dalam seminggu.

Equity Analyst Indo Premier Sekuritas (IPOT) Dimas Krisna Ramadhani menegaskan saat ini IHSG sedang konsolidasi dengan rentang support 7.200 dan resisten 7.280. Ia menambahkan pada minggu lalu yang berlangsung hanya dałam tiga hari perdagangan, laju IHSG tertopang dua top gainers yakni IDX Property dan IDX Finance.

Dirinya menjelaskan IDX Property naik 0,7 persen dalam seminggu terakhir yang disebabkan kenaikan saham CTRA sebesar 4,21 persen dalam seminggu terakhir. Penguatan dipicu pencapaian rekor dengan meraih marketing sales untuk 2023 sebesar Rp10,2 triliun, melampaui target sebelumnya Rp9,8 triliun.

Sementara itu, IDX Finance dalam sepekan terakhir naik sebesar 0,62 persen yang disebabkan kenaikan saham BMRI sebesar 3,76 persen dalam seminggu terakhir. Kondisi itu setelah menyampaikan laporan kinerjanya untuk 2023 dan mencatatkan kenaikan laba sebesar 33,7 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kendati demikian, laju IHSG tersandera dua top losers yakni IDX Basic Materials dan IDX Techno sehingga ditutup melemah. Ia menjelaskan sektor IDX Basic Materials melemah 3,30 persen selama seminggu yang disebabkan oleh pelemahan saham ANTM yang mengalami penurunan 7,6 persen dalam seminggu terakhir.

|Baca: Indeks S&P 500 Tembus Rekor, Dolar AS Tak Bertenaga

“Pelemahan terjadi seiring dengan harga komoditas nikel yang terus turun dalam setahun terakhir,” tuturnya, dikutip dari risetnya, Senin, 12 Februari 2024.

Sementara itu, IDX Techno menurun 2,3 persen dalam sepekan terakhir. Disebabkan oleh penurunan saham GOTO yang turun sebesar 6,5 persen dalam seminggu, setelah sentimen rampungnya proses transaksi pembelian Tokopedia oleh TikTok.

Dari sisi sentimen yang memengaruhi pergerakan IHSG pada 5-9 Februari 2024, terang Dimas, ada pandangan The Fed terkait penurunan suku bunga, PDB Indonesia kuartal IV/2023, dan kenaikan US Treasury Yield yang kembali di atas empat persen.

Sentimen minggu ini

Berbicara tentang sentimen minggu ini, Dimas menyebutkan, ada tiga sentimen yang wajib diperhatikan para trader, yakni Pemilu 2024 Indonesia, inflasi inti tahunan AS, dan musim laporan keuangan 2023 Terkait sentimen Pemilu 2024 Indonesia, terang Dimas, pada 14 Februari Indonesia akan melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara pemilu serentak.

Hasil dari Pemilu ini akan berpengaruh terhadap pergerakan pasar saham, di mana apabila Pemilu berjalan dengan aman dan kondusif maka akan berpengaruh positif terhadap IHSG. Berbicara tentang sentimen inflasi inti tahunan AS, Dimas menjelaskan, pada Selasa AS akan merilis data inflasi inti tahunan untuk Januari 2024.

Sementara terkait sentimen musim laporan keuangan 2023, pada Februari sudah memasuki musim laporan kinerja untuk setahun penuh 2023 para emiten yang ada di IHSG. Seperti diketahui BBCA, BBRI, dan BMRI sudah melaporkan kinerjanya untuk 2023 dan semuanya mencatatkan pertumbuhan laba secara tahunan.

Didasarkan pada data-data ekonomi dan sentimen tersebut, PT Indo Premier Sekuritas merekomendasikan tiga saham untuk trading selama empat hari perdagangan pada minggu ini karena ada libur Pemilu 2024 pada Rabu, 14 Februari 2024, yakni:

  1. Buy on Breakout BRIS (Support: Rp2.290, Resistance: Rp2.700).
    Buy on Pullback ERAA (Support: Rp430, Resistance: Rp488).
    Buy BMRI (Support: Rp6.850, Resistance: Rp7.150).

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Siap Lunasi Obligasi Jatuh Tempo, Peringkat Provident Investasi Bersama Ditegaskan idA
Next Post 4 Saham Pilihan Menu Trading Hari Ini

Member Login

or