1
1

AXA, BCA, & Asuransi Astra Jadi Brand Paling Trending di Asia Tenggara

Media Asuransi – Brand AXA, BCA, dan Asuransi Astra Buana menjadi tiga merek yang menjadi trending di media sosial dan online news sepanjang 2020.

Hal tersebut terungkap dari riset yang dilakukan oleh Insentia terhadap percakapan di media sosial dan pemberitaan media mainstream terhadap brand-brand di industri perbankan, asuransi, dan layanan keuangan. Riset dilakukan di enam pasar utama di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Thailand. 

Riset tersebut menempatkan AXA (99,5K), BCA (70,5K), Maybank (41,7K), Adira Finance (33,2K), dan CIMB (28,5K) dalam posisi 5 besar rangking berdasarkan pencarian di sosial media. Sementara itu, posisi 5 besar dari sisi pencarian online news ditempati oleh AXA (11,3K), Asuransi Astra Buana (4,3K), VIETCOMBANK (4,1K), BIDV (3,1K), dan VIETINBANK (2,8K). 

Baca juga: Anak Muda Juga Butuh Asuransi

Mengambil dari data media analytics yang diperoleh dari liputan media mainstream dan percakapan sosial pada kuartal terakhir tahun 2020 (yaitu antara 1 Oktober 2020 dan 15 November 2020), Isentia menemukan brand perbankan, asuransi, dan layanan keuangan yang paling banyak disebutkan di wilayah-wilayah tersebut. 

Teratas di media mainstream adalah AXA di Indonesia (disebutkan dalam 11.162 artikel) dan Thailand (118 artikel), JP Morgan Chase di Singapura (2.105 artikel), dilanjutkan Maybank di Malaysia (287 artikel), lalu Vietcombank (4.081 artikel), dan Banco de Oro (BDO) di Filipina (2.043 artikel). Sementara itu, di dunia media sosial ada AXA di Indonesia (98.688 buzz), Barclays di Singapura (17.011 buzz), Maybank di Malaysia (41.732 buzz), Airpay di Vietnam (20.336 buzz), juga Bank of The Philippine Islands (15.905 buzz) dan SCB Bank di Thailand (26.214 buzz), yang mendominasi percakapan di tiap-tiap negara. 

Program Bantuan untuk pelanggan di tengah krisis Covid-19 juga tercatat paling banyak di-mention. Perusahaan asuransi dan bank di seluruh Asia Tenggara berlomba dalam menyajikan beberapa inisiatif bantuan kepada pelanggan mereka. Yang paling banyak menjadi sorotan adalah di Indonesia dan Thailand, di mana brand asuransi cenderung berfokus pada isu Health and Wellness. Misalnya, Mandiri AXA General Insurance (MAGI) dan AXA Financial Indonesia (AFI) yang meluncurkan layanan tambahan bagi nasabah berupa program telekonsultasi gratis dengan psikolog. 

Senada dengan itu, Garda Medika dari Asuransi Astra menyelenggarakan webinar tentang menjaga stamina dan imunitas; sedangkan Asuransi Cigna Thailand sebelumnya mengadakan “Cigna Stress Care Virtual Run 2020” pada bulan Oktober. Sementara itu, brand asuransi di Filipina lebih berfokus pada area Keuangan dan Kesehatan. Yang menjadi sorotan terbesar di negara tersebut adalah terkait kemitraan Sun Life dengan Rocher, pelopor dalam perawatan kesehatan yang dipersonalisasi untuk membantu orang Filipina mengamankan keuangan dan kesehatan mereka. 

Baca juga: Anak Muda Juga Butuh Asuransi

“Dengan iklim sosial yang dinamis, meski terkadang sulit dinavigasi dalam sektor asuransi, keuangan dan perbankan, dan juga e-commerce, negara-negara berkembang di Asia Tenggara ini memiliki potensi dan kesempatan untuk pertumbuhan yang lebih besar lagi,” kata Lady Ochel Espinosa, Isentia Regional Insights Manager for SEA Emerging Markets melalui keterangan resmi yang dikutip Media Asuransi, Rabu 13 Januari 2021.

Begitu pula dengan bank-bank di Vietnam yang juga menunjukkan tanggung jawab sosialnya dengan menurunkan suku bunga pinjaman untuk mendukung bisnis lokal. Bank Investasi dan Pembangunan Vietnam (BIDV) juga mendonasikan 8 miliar dong untuk mendukung masyarakat di wilayah tengah yang terkena dampak banjir. 

Digitalisasi

Temuan lainnya adalah transaksi perbankan nirsentuh menjadi salah satu langkah penting dalam menahan potensi penyebaran virus Covid-19. Bank-bank di Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam telah merespons situasi tersebut dengan menghadirkan sistem pembayaran digital dan cashless. 

Di Indonesia, Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) bekerja sama dengan platform marketplace asuransi Lifepal.co.id untuk menyediakan produk asuransi mobil (Autocillin) dan asuransi sepeda motor (Motopro) melalui Lifepal.co.id. Di Filipina, JazzyPay bermitra dengan Bank of the Philippine Islands (BPI) untuk memungkinkan jutaan nasabah melakukan pembayaran online yang aman untuk kebutuhan esensial. 

Sementara itu, Siam Commercial Bank (SCB) di Thailand menjadi bank pertama di luar Jepang yang bergabung dengan Toyota untuk membangun Ekosistem Digital Lifestyle melalui “Toyota Wallet Powered by SCB”. 

“Sangat penting untuk membangun bank yang dapat menjadi andalan nasabahnya dengan memperbarui kinerja keuangan dan efisiensi operasional bank. Di sisi lain, pandemi Covid-19 telah memicu perpindahan nasabah ke pembayaran non-tunai dan transaksi online. Digitalisasi bukan lagi menjadi strategi opsional bagi bank,” kata Nhi Tran, Senior Insights Manager Isentia. Aca

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post PMI-BI Kuartal IV/2020: Kinerja Industri Pengolahan Terus Membaik
Next Post Reliance Sekuritas: IHSG Alami Kejenuhan

Member Login

or