Media Asuransi – Selama April sampai dengan Juni 2021 (kuartal II/2021), beberapa perusahaan mengalami peningkatan performa signifikan apabila dibandingkan dengan kuartal II/2020, tidak terkecuali induk emiten media PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) yang laba bersihnya meningkat sebesar 406,7% pada kuartal II/2021.
Kenaikan ini didorong oleh peningkatan pendapatan yang naik 23% dan penurunan beban pokok penjualan sebesar 23,7%.
Baca juga: Lewat Anak Usaha, Wijaya Karya (WIKA) Akuisisi Hotel BUMN
Dengan demikian, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (semester I/2021), laba perusahaan naik 225,7% menjadi Rp265 miliar. Pertumbuhan ini disebabkan oleh tidak adanya kerugian dari operasi PT EAN seperti yang terdapat pada semester I/2020.
Hal ini terjadi setelah terlaksananya penjualan 6% saham PT EAN (Elang Andalan Nusantara), yang di dalamnya termasuk startup DANA pada bulan Desember 2020.
Transaksi ini membuat kepemilikan grup EMTK atas EAN menjadi 49% dan tidak lagi dikonsolidasikan ke laporan keuangan EMTK. Tanpa memperhitungkan transaksi tersebut, laba dari operasi tumbuh dari Rp256 miliar menjadi Rp264 miliar.
Baca juga: AirAsia Perpanjang Penghentian Penerbangan di Indonesia
Sementara itu, laba bersih PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) yang merupakan anak usaha EMTK juga meningkat sebesar 36,8% yoy pada kuartal II/2021. Hal ini didorong oleh peningkatan pendapatan yang menguat 46%.
Dengan demikian, secara kumulatif pada 6 bulan pertama tahun 2021 (semester I/2021), laba perusahaan naik 21% yoy menjadi Rp727 miliar. Kenaikan ini didukung oleh meningkatnya pendapatan televisi yang naik 21,7%, digital dan iklan luar ruangan yang menguat 52,3%, serta pendapatan konten dan lainnya sebesar 49,3%. Aha
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News