Media Asuransi, GLOBAL – Chief Strategy Officer Majesco Denise Garth menyampaikan model bisnis tradisional perusahaan asuransi dan infrastruktur teknologi tidak dilengkapi dengan baik untuk memenuhi tuntutan lanskap yang berkembang pesat saat ini.
Sentimen ini digemakan dalam laporan kepemimpinan pemikiran terbaru Majesco, yang menekankan kebutuhan mendesak untuk pembaruan atau penggantian.
Kegagalan dalam mengatasi masalah ini akan menghalangi perusahaan asuransi untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan, efisiensi operasional, kelincahan dalam menanggapi dinamika pasar, dan kemampuan untuk menawarkan produk dan layanan baru.
“Sebagian besar model operasi perusahaan asuransi dibuat selama beberapa dekade dengan berbagai kendala dan tantangan bisnis, mulai dari sistem yang berlebihan hingga solusi yang diperlukan oleh teknologi lama dan tim yang terkunci dalam budaya dan cara operasi mereka saat ini,” ujar Garth, dikutip dari Reinsurance News, Senin, 20 Mei 2024.
“Hasilnya adalah akumulasi utang teknologi lama sebagai beban pekerjaan di luar neraca yang harus ditangani di masa depan yang sekarang membatasi hasil bisnis perusahaan asuransi dan posisi kompetitif,” tambahnya.
|Baca juga: Outlook Peringkat Indofood CBP Sukses Makmur Dinaikkan Jadi Positif
Menurutnya, bersaing di pasar saat ini mengharuskan kecepatan untuk memasarkan produk, saluran, dan pengalaman baru; penurunan biaya operasional dan total biaya kepemilikan teknologi; inovasi yang berkelanjutan; dan peningkatan teknologi yang mulus dan cepat untuk menjaga perusahaan tetap menjadi yang terdepan.
“Hal ini membutuhkan investasi di masa depan, bukan di masa lalu,” kata Garth.
Laporan ini menunjukkan bahwa perusahaan asuransi yang memodernisasi model bisnis dan infrastruktur teknologi mereka dapat membuka peluang optimalisasi dan mendorong inovasi. Hal ini menggarisbawahi pentingnya merangkul teknologi generasi berikutnya, seperti arsitektur cloud-native, untuk tetap kompetitif.
Namun, transisi ke teknologi dan model operasional baru ini menuntut kepemimpinan yang kuat dan kemauan untuk menantang pendekatan konvensional. Perusahaan asuransi harus merangkul perubahan agar dapat berkembang dalam lingkungan yang serba cepat saat ini.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News