Media Asuransi – Tahun ini menandakan kiprah PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) selama 25 tahun di industri reksa dana Indonesia. Dalam perjalanannya, MAMI secara konsisten mempertahankan posisinya sebagai salah satu perusahaan manajer investasi terbaik, terpercaya, dan terbesar di Indonesia serta menjadi pelopor dalam beberapa inisiatif di industri.
Presiden Direktur MAMI, Afifa, mengatakan bahwa perseroan hadir di Indonesia pada tahun 1996, satu tahun setelah reksa dana mulai dikenal di Indonesia. “Di usianya yang ke-25 tahun, MAMI semakin memantapkan posisinya sebagai salah satu perusahaan manajer investasi terbesar di Indonesia dan akan terus berinovasi serta beradaptasi untuk memberikan solusi investasi dan layanan terbaik bagi masyarakat investor di Indonesia,” katanya dalam bincang-bincang secara daring bersama wartawan, Selasa, 31 Agustus 2021.
Dia jelaskan bahwa dalam perjalanannya selama 25 tahun, MAMI telah melewati berbagai tantangan, seperti krisis keuangan Asia di tahun 1997, krisis keuangan global pada 2007-2008, dan krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. “Kami sangat bersyukur dapat melewati masa-masa sulit tersebut dengan baik dan keluar dalam keadaan yang lebih tangguh,” tambahnya.
Menurut Afifa, hal itu berkat kepercayaan para investor institusi dan ritel, dukungan para mitra distribusi reksa dana MAMI, serta kerja keras dan dedikasi penuh seluruh rekan kerja di MAMI. Di tengah hantaman krisis kesehatan dan ekonomi global di tahun 2020, total AUM MAMI mencatatkan pertumbuhan yang kuat, sebesar 30 persen hingga mencapai Rp97,2 triliun pada akhir 2020. “Sementara pada semester pertama tahun 2021 ini, total AUM MAMI tercatat tumbuh sebesar 8 persen menjadi Rp104,7 triliun pada akhir Juni 2021,” ujarnya.
Afifa menuturkan, hingga akhir Juni 2021, MAMI dipercaya oleh lebih dari 1,1 juta investor Indonesia untuk mengelola dana sebesar total Rp104,7 triliun dalam 28 produk reksa dana dan 40 mandat investasi. Total AUM MAMI tercatat tumbuh sebesar 52 persen pada periode akhir Juni 2020 hingga akhir Juni 2021.
“Mengutip data OJK per akhir Juni 2021, MAMI menempati peringkat pertama diantara perusahaan manajer investasi di Indonesia dalam hal AUM reksa dana (Rp56,6 triliun). Secara persentase, AUM reksa dana MAMI mengalami pertumbuhan sebesar 93 persen dalam periode setahun (30 Juni 2020 – 30 Juni 2021), jauh melampaui pertumbuhan industri yang sebesar 11 persen pada periode yang sama. Data OJK juga menunjukkan bahwa MAMI berada di peringkat teratas pada kategori AUM reksa dana pendapatan tetap yakni Rp23,6 triliun dan AUM reksa dana syariah yakni Rp8,2 triliun,” jelas Presiden Direktur MAMI, Afifa .
Menurutnya, MAMI juga menjadi pelopor yang telah menancapkan beberapa tonggak sejarah di industri reksa dana Indonesia. Perseroan konsisten melakukan berbagai inovasi untuk memberikan solusi investasi terbaik dan layanan berkualitas. Pada April 2016, MAMI menjadi pelopor dalam penerapan pembukaan rekening dan transaksi reksa dana secara fully online yang pertama di Indonesia melalui peluncuran klikMAMI.com.
“Dengan hadirnya inovasi ini, pembukaan rekening dan transaksi investasi reksa dana dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu mengunjungi kantor manajer investasi ataupun APERD untuk penandatanganan formulir. Di tahun 2019, MAMI memelopori penerapan multi share class pada produk reksa dana di Indonesia,” ujar Afifa.
Lebih lanjut dikatakan bahwa edukasi finansial dan kemudahan akses bagi masyarakat investor ke produk reksa dana merupakan dua hal utama untuk memajukan industri reksa dana. Maka, di tahun 2001 MAMI menjalin kerja sama pemasaran reksa dana dengan salah satu satu institusi perbankan. Hingga saat ini MAMI telah bekerja sama dengan 32 mitra distribusi yang terdiri dari 20 bank dan 12 non-bank. MAMI juga melakukan kegiatan pemasaran melalui jalur digital, direct retail, dan tim institutional sales.
Edukasi adalah kunci untuk meningkatkan literasi dan pemahaman masyarakat tentang reksa dana. Oleh karena itu di tahun 2013 MAMI meluncurkan modul edukasi 3i (insyaf, irit, invest) yang berisi tiga langkah dasar untuk bisa memulai investasi. Kegiatan edukasi pun dilakukan untuk beragam lapisan masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. MAMI secara rutin menyediakan publikasi reguler dan memberikan market update melalui investor gathering.
Afifa menambahkan bahwa sebelum pandemi, MAMI juga melakukan literasi keuangan melalui berbagai kegiatan offline yakni berupa seminar, talk show, pameran, dan media gathering, maupun secara online melalui media sosial, talk show radio dan TV. Pandemi Covid-19 tidak menghentikan MAMI untuk terus memberikan literasi keuangan. “MAMI mengadakan live webinar, mengedarkan berbagai artikel ke media dengan topik literasi keuangan, acara live talk show di TV dan media sosial, serta podcast,” katanya.
Upaya keras MAMI membuahkan pengakuan dari berbagai pihak eksternal. Dalam 25 tahun, lebih dari 70 penghargaan diterima untuk MAMI, produk reksa dana kelolaan MAMI, dan personil MAMI. Salah satu penghargaan tersebut adalah Best Fund House yang dianugerahkan oleh Asia Asset Management pada tahun 2021, 2020, 2018, 2016, dan 2015. “Berbekal kepercayaan investor, kami akan terus melanjutkan perjalanan MAMI dengan tahun-tahun yang penuh kesuksesan,” tutur Afifa. Edi
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News