1
1

Semen Indonesia (SMGR) Catatkan Laba Bersih Rp2,79 Triliun

Suasana aktivitas pekerja di Pabrik Semen Gresik, Tuban, Jawa Timur, Senin (28/3). PT Semen Indonesia Tbk menargetkan produksi pada 2016 mencapai 30 juta ton, meningkat dibandingkan proyeksi produksi 2015 sekitar 28,5 juta ton. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc/16.

Media Asuransi – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) berhasil mencatatkan laba bersih tahun 2020 sebesar Rp 2,79 triliun atau naik 16,73 persen dari tahun 2019 yang tercatat sebesar Rp 2,39 triliun. Meskipun dari sisi pendapatan, perseroan mencatatkan penurunan sebesar 12,87 persen dibanding tahun 2019 sebesar Rp 35,17 triliun menjadi Rp 40,37 triliun.

Direktur Utama SIG Hendi Prio Santoso mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi perseroan dan memicu penurunan pendapatan sebesar 12,87 persen menjadi Rp 35,17 triliun. Penurunan ini dipengaruhi pelemahan permintaan akan produk bahan bangunan. Penundaan pengembangan sejumlah proyek strategis nasional akibat kebijakan realokasi anggaran pemerintah juga memicu penurunan pendapatan tersebut.

”Menyikapi kondisi pasar dalam negeri, pada 2020, perseroan menggenjot ekspor ke berbagai negara, seperti Australia, Bangladesh, Srilanka, dan Tiongkok,” kata Prio dalam siaran tertulisnya di Jakarta, Senin 1 Maret 2021.

Baca Juga:

Menurut Prio, keberhasilan perseroan mempertahankan pertumbuhan kinerja keuangan didukung berbagai inisiatif strategis, seperti keberhasil perseroan menekan beban pokok pendapatan tahun 2020. Penurunannya jauh lebih besar dibandingkan dengan penurunan pendapatan, sehingga perseroan berhasil mencatatkan peningkatan marjin EBITDA menjadi 25,80 persen.

Selain itu, lanjut Prio, perseroan juga telah berhasil melakukan pengelolaan arus kas secara disiplin, serta menerapkan kebijakan belanja modal yang ketat, sehingga Perseroan mampu mengelola arus kas dari aktivitas operasi tetap positif.

“Meskipun kondisi ekonomi dan industri semen di Indonesia berkontraksi akibat pandemi Covid-19 tahun lalu, ditambah ketatnya persaingan, perseroan tetap mampu mencetak pertumbuhan kinerja keuangan, khususnya dalam hal efisiensi biaya,” katanya.

Prio menambahkan, perseroan terus berupaya mengoptimalkan potensi pasar baru dan menghadirkan berbagai solusi di bidang building material. Hal ini sejalan dengan visi perseroan menjadi perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terbesar di pasar regional.

“Sejak 2020, kami telah meluncurkan berbagai solusi baru, baik produk baru seperti Masonry Cement, maupun pengembangan digital marketing dengan menghadirkan beberapa platform seperti Sobat Bangun, Akses Toko serta Official Store untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam mendapatkan produk-produk perseroan,” pungkasnya. One

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Centratama (CENT) Tandatangani Fasilitas Pinjaman Sindikasi Perbankan Rp5,7 Triliun
Next Post Tugu Insurance Raih Sertifikasi ISO 37001:2016
toto Malukutoto login toto macau toto 4d ilmu bet slot maxwin MALUKU TOTO situs toto Malukutoto login Maluku toto cancertoto depo 5k ilmu bet slot gacor slot gacor hari ini malukutoto
maluku toto toto Malukutoto Malukutoto CANCER TOTO situs slot cancertoto toto toto toto slot gacor cancertoto
situs toto SLOT GACOR SLOT GACOR HARI INI situs toto
cancer toto malukutoto Maluku toto cancer toto CANCERTOTO ilmubet toto cancertoto maluku toto slot gacor slot gacor cancer toto malukutoto situs depo 5k situs toto cancertoto cancertoto cancertoto toto toto toto 4d 4d 4d
slot gacor slot gacor slot gacor slot slot slot slot gacor hari ini slot gacor hari ini slot gacor hari ini situs slot situs slot situs slot situs slot situs slot situs slot slot slot slot slot gaocr slot gaocr slot gacor

Member Login

or