1
1

Survei Konsumen November 2025: Keyakinan Konsumen Meningkat

Ilustrasi seorang wanita berbelanja kebutuhan pokok di supermarket | Foto: Freepik.com

Media Asuransi, JAKARTASurvei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada November 2025 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Hal ini tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2025 yang berada pada level optimis (indeks >100) sebesar 124,0, lebih tinggi dibandingkan dengan indeks bulan sebelumnya sebesar 121,2.

“Meningkatnya keyakinan konsumen pada November 2025 ditopang oleh peningkatan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang masing-masing tercatat sebesar 111,5 dan 136,6, lebih tinggi dibandingkan dengan indeks bulan sebelumnya sebesar 109,1 dan 133,4,” jelas Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Ramdan Denny Prakoso, dalam keterangan resmi yang dikutip Rabu, 10 Desember 2025.

|Baca juga: Siap Hadapi Bencana, Mengungkap Pola Konsumen Asuransi Indonesia

Berdasarkan kelompok pengeluaran, keyakinan konsumen pada November 2025 meningkat untuk seluruh kelompok, dengan IKK tertinggi tercatat pada responden pengeluaran >Rp5 juta (130,6), diikuti oleh responden pengeluaran Rp4,1-Rp5 juta (126,9).

Berdasarkan kelompok usia, IKK juga meningkat pada seluruh kelompok usia, dengan optimisme tertinggi pada kelompok usia 20-30 tahun sebesar 128,6. Secara spasial, IKK mengalami peningkatan di mayoritas kota yang disurvei, terutama di Manado, Mataram, dan Medan.

Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini meningkat, tecermin dari IKE November 2025 sebesar 111,5, lebih tinggi dibandingkan dengan 109,1 pada bulan sebelumnya. Peningkatan IKE bersumber dari kenaikan seluruh komponen pembentuknya yaitu Indeks Penghasilan Saat Ini (IPSI sebesar 121,5), Indeks Pembelian Barang Tahan Lama/Durable Goods (IPDG) sebesar 109,4, dan Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja (IKLK) yang tercatat sebesar 103,7. Secara spasial, sebagian besar kota mencatatkan peningkatan IKE, terutama di Manado, Mataram, dan Medan.

|Baca juga: Survei: Banyak Konsumen Masih Percaya Peran Agen Asuransi Manusia di Era AI

Secara umum, keyakinan konsumen terhadap penghasilan saat ini tercatat meningkat. Berdasar pengeluaran, seluruh kelompok mencatatkan peningkatan indeks, kecuali responden pengeluaran Rp3,1-Rp4 juta yang mengalami penurunan indeks menjadi sebesar 109,5. Dari sisi usia, seluruh kelompok mengalami peningkatan dengan indeks tertinggi tercatat pada responden usia 20-30 tahun (125,9).

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan diprakirakan meningkat. Hal ini tecermin dari IEK November 2025 sebesar 136,6, lebih tinggi dibandingkan dengan indeks pada bulan sebelumnya sebesar 133,4.

Kenaikan IEK November 2025 bersumber dari peningkatan seluruh komponen pembentuknya, yaitu Indeks Ekspektasi Penghasilan (IEP) sebesar 140,6, Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja (IEKLK) sebesa 135,3, dan Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha (IEKU) yang tercatat sebesar 133,8. Secara spasial, mayoritas kota mengalami peningkatan IEK dengan kenaikan tertinggi di Manado, Medan, dan Bandar Lampung.

 

Editor: S. Edi Santosa

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia dan Bank Kalbar Kerja Sama Pelindungan Aset Nasabah

Member Login

or