Media Asuransi, Global – Perusahaan ban Hankook Tire & Technology (Hankook Tire) mengumumkan laporan keuangan global untuk kuartal I/2025, dengan mencatat penjualan sebesar KRW4,96 triliun dan laba operasional sebesar KRW354,6 miliar.
Pada kuartal ini, laporan keuangan untuk pertama kalinya mencakup kinerja Hanon Systems, penyedia global solusi manajemen energi termal untuk kendaraan bermotor, setelah diakuisisi oleh Hankook Tire pada Januari 2025. Dengan demikian, laporan keuangan kuartal I/2025 Hankook Tire kini mencakup segmen bisnis ban dan manajemen termal.
|Baca juga: Standar Baterai Kendaraan Listrik Paling Ketat di Dunia Siap Berlaku di Juli 2026
Pada sektor bisnis ban, penjualan meningkat 10,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi KRW2,34 triliun, sementara laba penjualan turun 16,3 persen menjadi KRW333,6 miliar. Meskipun Hankook terus berinvestasi pada R&D untuk mobilitas masa depan di tengah ketidakpastian ekonomi global, kenaikan biaya, terutama bahan baku dan tarif pengiriman laut, memberi dampak negatif terhadap profit. Pada segmen manajemen termal, Hanon Systems mencatat penjualan sebesar KRW2,62 triliun dan laba operasional sebesar KRW20,9 miliar.
Dalam keterangan resmi, Kamis, 21 Mei 2025 disebutkan bahwa pangsa ban mobil penumpang berukuran 18 inchi ke atas terhadap total penjualan ban mobil penumpang dan truk bermuatan ringan mencapai 47,1 persen, naik 0,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
|Baca juga: Penyaluran Pembiayaan Kendaraan Listrik Naik 4,06%
Secara regional, China mencatat pangsa pasar tertinggi sebesar 64,7 persen, diikuti oleh Korea (58,5 persen), Amerika Utara (57,1 persen), dan Eropa (39,1 persen), mencerminkan pertumbuhan yang stabil di pasar global. Pada segmen ban original equipment (OE) untuk mobil penumpang dan truk bermuatan ringan, produk khusus kendaraan listrik (EV) menyumbang 23 persen dari total penjualan, naik enam persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Pertumbuhan pendapatan didorong oleh peningkatan penjualan produk bernilai tambah tinggi, yang ditopang oleh ekspansi pasokan ban OE ke produsen mobil premium global serta meningkatnya permintaan ban khusus kendaraan listrik seiring dengan siklus penggantian kendaraan listrik.
Sebagai pencapaian penting dalam kemitraan OE globalnya, Hankook Tire mulai memasok ban SUV ultra-high-performance, Ventus evo SUV, sebagai perlengkapan OE untuk Volkswagen Tiguan generasi ketiga. Kemitraan ini memperkuat hubungan Hankook dengan sekitar 50 merek otomotif premium global pada lebih dari 280 model kendaraan, termasuk Mercedes-AMG GT Coupe dan BMW M5, yang semakin menegaskan kapabilitas teknologi kelas atasnya di pasar global.
Sebagai perusahaan terkemuka dalam teknologi ban kendaraan listrik (EV), Hankook Tire juga merupakan pemasok OE utama untuk merek-merek kendaraan listrik besar, termasuk Porsche, Audi, BMW, Hyundai, Kia, Tesla, BYD, dan Lucid. Sejak meluncurkan iON pada 2022—merek ban pertama di dunia dengan rangkaian lengkap yang didedikasikan untuk kendaraan listrik—perusahaan telah mendiversifikasi portofolionya dengan lebih dari 300 spesifikasi, mulai dari ukuran 16 hingga 22 inchi, mencakup sebagian besar segmen kendaraan listrik.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News