1
1

Astra Financial Berhasil Raup Transaksi Rp3,4 Triliun di Ajang GIIAS 2025

Petugas dari Astra Financial sedang melakukan promosi di acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). | Foto: Media Asuransi/Arief Wahyudi

Media Asuransi, JAKARTA– Di tengah kondisi daya beli masyarakat untuk sektor otomotif yang menurun, Astra Financial mampu meraih pendapatan yang memuaskan selama  perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Selama 11 hari pameran pada 24 Juli hingga 3 Agustus, 2025, brand dari divisi jasa keuangan PT Astra International Tbk ini berhasil mencatatkan total transaksi sebesar Rp2,4 triliun, atau melampaui 111,5 persen dari target Rp2,2 triliun, serta membukukan 6.073 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Project Director Astra Financial GIIAS, Tan Chian Hok, menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi dari sembilan unit bisnis Astra Financial yang menghadirkan layanan “One Stop Financial Solutions”, mencakup berbagai kebutuhan pengunjung dalam hal pembiayaan, asuransi, hingga layanan keuangan digital.

|Baca juga: Astra Financial Bukukan Nilai Transaksi Rp2,4 Triliun di GIIAS 2025

“Sembilan unit tersebut adalah FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay, Moxa, SEVA, dan Bank Saqu, yang secara sinergis memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mewujudkan kepemilikan kendaraan melalui solusi keuangan yang terintegrasi,” dalam keterangan resminya, Rabu, 13 Agustus 2025.

Tan Chian Hok menyebutkan bahwa pencapaian tersebut merupakan bentuk kepercayaan dan antusiasme pengunjung GIIAS dalam menjadikan Astra Financial sebagai bagian dari perjalanan untuk memiliki mobil impiannya.

“Dukungan kami sebagai platinum sponsor untuk ketujuh kalinya di GIIAS 2025 merupakan wujud komitmen untuk terus mendukung pertumbuhan industri otomotif. Astra Financial hadir dengan layanan One Stop Financial Solution yang memberikan kemudahan finansial bagi pengunjung dalam mewujudkan mobil impiannya,” ujarnya.

|Baca juga: Sembari Menyelam Minum Air Ala Astra Financial

Selama pameran, Astra Financial menghadirkan berbagai program dan promo menarik, mulai dari “Kredit Cerdas” untuk pembiayaan roda empat dari ACC dan TAF, pembiayaan motor dari FIFGROUP, pelindungan kendaraan dari Asuransi Astra, hingga proteksi jiwa dan kesehatan dari Astra Life.

Dia jelaskan bahwa Astra Financial juga memperluas kemudahan transaksi digital melalui AstraPay dan Bank Saqu, serta membuka akses ke layanan keuangan berbasis teknologi melalui SEVA dan Moxa. Kehadiran layanan digital ini mencerminkan komitmen Astra Financial dalam mendorong inklusi keuangan dan menjangkau lebih banyak masyarakat melalui ekosistem digital.

 

Kinerja layanan pembiayaan

ACC dan TAF yang menawarkan layanan pembiayaan roda empat mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp2,4 triliun melampaui target yang telah ditetapkan sebesar 108,6 persen dengan total sebanyak 5.560 SPK terbentuk lebih besar dari target sebesar 110,1 persen.

Pembiayaan roda dua yang ditawarkan oleh FIFGROUP berhasil melampau target sebesar 119,2 persen dengan nilai transaksi sebesar Rp13,1 miliar dengan 513 SPK yang terbentuk atau lebih besar 102,6 persen terhadap target.

Kinerja layanan asuransi dari Asuransi Astra dengan layanan perlindungan kendaraan berhasil mencatatkan transaksi senilai Rp2,6 miliar lebih besar 170,1 persen terhadap target. Sementara itu, Astra Life juga mencatatkan pencapaian sebesar 130 persen terhadap target dengan nilai transaksi sebesar Rp2,5 miliar.

|Baca juga: Pendapatan Premi Asuransi Astra Naik 12,32% per Juni 2025

Kinerja layanan transaksi digital yang didukung oleh empat unit bisnis Astra Financial, yaitu AstraPay, Bank Saqu, SEVA, dan Moxa, layanan keuangan untuk proses transaksi secara digital dari Astra Financial, mencatatkan pencapaian positif dan bertumbuh jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Sementara, penyedia layanan electronic money Astra Financial, AstraPay, membukukan transaksi sebesar Rp6,24 miliar lebih besar 640,8 persen dengan 108 ribu transaksi selama GIIAS berlangsung, ada pertumbuhan sebesar 87,1 persen secara tahunan dibanding GIIAS 2024.

Layanan perbankan Bank Saqu, turut menyumbang pencapaian positif dengan membukukan nilai transaksi sebesar Rp12,6 miliar atau lebih besar 217,7 persen terhadap target dan meningkat 117,7 persen secara year on year.

Sementara itu, SEVA  yang menghadirkan layanan pembelian mobil dengan fitur unggulannya, yaitu Instant Approval berhasil menarik perhatian pengunjung dengan total 5.454 Instant Approval, lebih besar 109 persen terhadap target.

Moxa sebagai wealth-tech app dari Astra Financial turut mencapai angka yang baik di perhelatan dengan jumlah registrasi akun baru telah mencapai 5.166 akun atau melampau target sebesar 129,2 persen.

Pertumbuhan nilai transaksi yang berhasil dicapai oleh seluruh keempat unit bisnis tersebut menunjukkan pentingnya peran digitalisasi layanan keuangan untuk memberikan kemudahan akses dan layanan yang lebih inklusif.

Editor: S. Edi Santosa

 

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post OJK Gelar ToT Duta Literasi Keuangan Bagi Anggota IWAPI
Next Post Top Management Prudential plc Bertemu Regulator, Mitra, dan Tokoh Nasional di Indonesia

Member Login

or