Media Asuransi, JAKARTA – PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA, berhasil mempertahankan posisinya selama dua tahun berturut-turut hingga 2025 ini sebagai brand perbankan terkuat di dunia (world’s strongest banking brand) versi Brand Finance. Anugerah sebagai brand perbankan terkuat di dunia, sebelumnya diraih BCA pada 2024 lalu.
Brand Finance merupakan perusahaan konsultan independen yang berpusat di London, Inggris sejak tahun 1996. Fokus utamanya pada valuasi merek (brand valuation) dan strategi merek. Laporan yang mereka hasilkan telah diakui secara luas dan digunakan oleh perusahaan, investor, dan pemangku kepentingan lainnya.
|Baca juga: Meningkat 17%, BCA Life Raih Laba Rp92,47 Miliar di 2024
Berdasar laporan “Top 500 Banking Brands” dari Brand Finance yang dirilis pada Maret 2025, BCA menduduki peringkat pertama dengan skor Brand Strength Index (BSI) 97,1 dari skala 100. Skornya meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar 93,8 dari skala 100 dan keduanya mencetak rating brand AAA+.
Posisi pemuncak ditempati BCA di antara 500 brand perbankan global ternama lainnya, yang berasal dari Amerika Serikat, Eropa, Asia, dan Afrika. Pengakuan ini menjadi wujud komitmen perseroan dalam menjaga kepercayaan serta memberikan layanan terbaik kepada nasabah.
Selain BCA, sejumlah bank dari berbagai negara tercatat menempati daftar “Global 10 by Brand Strength Index” yakni, Nubank dari Brasil, Banca Transilvania dari Rumania, Vietcombank dari Vietnam, Bank Singapore dari Singapura, Capitec Bank dari Afrika Selatan, Kenya Commercial Bank dari Kenya, JP Bank dari Jepang, Discover Bank dari Amerika Serikat, dan China Construct dari China.
|Baca juga:Petinggi BCA Kompak Borong Saham BBCA saat Harga Anjlok, Segini Besarannya!
Brand Finance menggunakan istilah “kekuatan brand” sebagai ukuran dari kesehatan brand secara keseluruhan, yang mencerminkan posisi sebuah brand dalam hati dan pikiran pelanggan serta pasar yang lebih luas. Pengukuran tersebut dilakukan dengan menggunakan key performance indicators yang relevan, baik dalam aspek emosional maupun rasional.
Merespons pencapaian ini, Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, menyatakan terimakasihnya mewakli manajemen dan karyawan BCA, kepada Brand Finance atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BCA sebagai brand perbankan terkuat di dunia selama dua tahun berturut-turut. Pengakuan ini menjadi motivasi bagi BCA untuk terus menghadirkan layanan dan solusi perbankan yang relevan, mudah diakses, dan menjawab kebutuhan nasabah yang beragam.
“Kami berharap dapat terus menjadi mitra tepercaya dalam perjalanan finansial masyarakat Indonesia, serta berkontribusi nyata dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui inovasi dan pelayanan yang unggul,” kata Jahja dalam keterangan resmi yang dikutip Senin, 14 April 2024.
Editor: S. Edi Santosa
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News