Bos Etiqa Insurance Paparkan Bagaimana Bijak Gunakan AI, Begini Caranya!
1
1

Bos Etiqa Insurance Paparkan Bagaimana Bijak Gunakan AI, Begini Caranya!

Ilustrasi. | Foto: Tugu Insurance

Media Asuransi, GLOBAL – Chief Strategy Officer Etiqa Insurance & Takaful Chris Eng mengungkapkan solusi dari penggunaan alat penilaian risiko yang didukung kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) ialah penerapan strategis dan tata kelola yang jelas.

Lebih dari 70 persen perusahaan asuransi menggunakan alat penilaian risiko oleh AI. “Cara utama kami memanfaatkan AI adalah dengan mengevaluasi apakah ada potensi penipuan atau tidak. Saya rasa risiko terkait pelanggaran privasi dan AI cukup minim,” ujar chris, dikutip dari Insurance Asia, Senin, 21 April 2025.

|Baca juga: Bank DKI Salurkan KJP Tahap I/2025 untuk Penerima Baru kepada 43.502 Siswa

|Baca juga: Zurich Berkolaborasi dengan Indosat Hadirkan Asuransi Layar Retak Ponsel

Selain untuk mendeteksi penipuan, lanjutnya, AI juga digunakan untuk mempersonalisasi interaksi dengan pelanggan tanpa harus bergantung pada data pribadi yang sensitif. Cara yang dapat digunakan adalah dalam hal menilai dan mempersonalisasi interaksi nasabah yang didasari pada perilaku nasabah, bukan informasi pribadi nasabah.

Ia menyebutkan AI digunakan untuk mengurai data tersebut. “Jadi sekali lagi, kami melihat risiko pelanggaran privasi atau gangguan terhadap masalah privasi dari sudut pandang tersebut cukup minim,” ucapnya.

Bagi Etiqa, tambahnya, tujuannya adalah menggunakan AI dengan cara terbaik guna mendapatkan hasil yang tepat, tanpa memberikan terlalu banyak informasi pribadi pelanggan yang berisiko. Untuk mempertahankan sentuhan manusia, Etiqa mengintegrasikan AI ke dalam model penasihat yang dipimpin oleh manusia, bukan menggantikannya.

|Baca juga: Kapitalisasi Pasar BEI Naik Rp425 Triliun Saat Net Sell Asing Rp13,69 Triliun

|Baca juga: Transaksi Nontunai KJP Plus Lewat EDC Bank DKI Dipastikan Tetap Lancar

Ini termasuk agen dan perantara bank, yang dilengkapi dengan alat bantu AI untuk memberikan rekomendasi yang tepat waktu dan terinformasi. Hal itu dilakukan untuk melihat informasi nasabah, transaksi masa lalu nasabah dengan, dan memberikan rekomendasi menggunakan AI. Pada akhirnya hal ini akan disampaikan langsung oleh agen.

“Jadi sentuhan manusia akan tetap ada, tetapi dengan cara tertentu yang ditingkatkan dengan menggunakan AI,” pungkasnya.

Editor: Angga Bratadharma

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Bangun Kosambi Sukses (CBDK) Incar Marketing Sales Rp2 Triliun
Next Post Spin Off Unit Syariah TUGU Ditargetkan Selesai Q3-2025
toto Malukutoto login toto macau toto 4d ilmu bet slot maxwin MALUKU TOTO situs toto Malukutoto login Maluku toto cancertoto depo 5k ilmu bet slot gacor slot gacor hari ini malukutoto
maluku toto toto Malukutoto Malukutoto CANCER TOTO situs slot cancertoto toto toto toto slot gacor cancertoto
situs toto SLOT GACOR SLOT GACOR HARI INI situs toto
cancer toto malukutoto Maluku toto cancer toto CANCERTOTO ilmubet toto cancertoto maluku toto slot gacor slot gacor cancer toto malukutoto situs depo 5k situs toto cancertoto cancertoto cancertoto toto toto toto 4d 4d 4d
slot gacor slot gacor slot gacor slot slot slot slot gacor hari ini slot gacor hari ini slot gacor hari ini situs slot situs slot situs slot situs slot situs slot situs slot slot slot slot slot gaocr slot gaocr slot gacor

Member Login

or