Media Asuransi, JAKARTA – Kita pasti pernah merasakan punya waktu senggang saat masih jam kerja, bahkan sampai berpikir apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jika jawabannya iya, artinya kamu sedang merasakan atau mengalami yang namanya gabut.
Gabut adalah istilah yang sering dipakai anak muda dan kaum urban sebagai artian dari gaji buta. Gaji buta biasanya identik dengan minim produktivitas. Lalu bagaimana caranya agar waktu gabut kita menjadi produktif?
|Baca juga: Begini Penjelasan KB Bank (BBKP) terkait Volatilitas Transaksi Efek
|Baca juga: Laba Nusantara Re Melejit 182% Jadi Rp239,63 Miliar di 2024
Mengutip Tugu Insurance, Kamis, 1, Mei 2025, berikut yang bisa kamu lakukan saat sedang gabut:
Merapikan file pekerjaan
Kita bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan, apakah file manager di laptop kita berantakan atau bahkan tidak beraturan? Menurut University of Harvard, enam dari 10 orang pekerja memiliki file manager berantakan pada perangkat komputernya. Nah, kalau sedang gabut kamu bisa coba merapikan file pekerjaan yang selama ini mungkin belum tersusun rapi pada perangkat kerja untuk lebih memudahkan pekerjaanmu nantinya.
Merapikan tempat kerja
Hal ini sering terjadi bagi siapa pun, yaitu meja kerja yang berantakan di saat ketika kita memiliki banyak pekerjaan, seperti banyak benda yang diletakkan tidak pada tempatnya. Kamu bisa mulai merapikan meja kerjamu sekaligus mendekor ulang tata letaknya, supaya bisa memberikan suasana baru, dan dapat membawa semangat baru dalam bekerja.
Mempelajari hal baru
Belajar hal baru adalah salah satu hal yang akan didukung oleh suatu perusahaan. Kamu bisa coba mengikuti kelas online/webinar untuk meningkatkan kemampuan kamu di bidang lain. Contohnya, kamu bekerja di bidang kreatif, kamu bisa mengikuti kelas finance for nonfinance. Hal seperti itu bisa kamu lakukan untuk menambah kemampuan. Kamu bisa membaca mengenai laporan keuangan perusahaan, bahkan berkontribusi dalam pekerjaan keuangan yang dibutuhkan.
|Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Bank Mandiri (BMRI) Salurkan KUR Rp12,8 Triliun hingga Maret 2025
|Baca juga: DPK dan Kredit BNI (BBNI) Kompak Tumbuh 10% di Kuartal I/2025
Membuat perencanaan kerja berikutnya
Kita tahu hal seperti waktu senggang di jam kerja tidak akan berlangsung lama. Nah, untuk mengantisipasi pekerjaan yang akan datang, kamu bisa coba untuk memprediksinya dan merencanakan apa yang harus kamu lakukan untuk pekerjaanmu yang akan datang. Hal ini dilakukan agar pekerjaan berikutnya terasa lebih mudah karena sudah well prepared.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News