Media Asuransi, JAKARTA – Perusahaan yang bergerak pada industri paylater, Kredivo, melaporkan tren rata-rata pengguna melakukan transaksi sebanyak lima kali selama Ramadan 2024.
Merujuk laporan Kredivo, Sabtu, 4 Mei 2024, dalam periode waktu yang sama, mayoritas pengguna Kredivo menggunakan promo cicilan nol persen tenor enam bulan dan promo bebas satu bulan cicilan untuk tenor 12 bulan dalam melakukan transaksi. Adanya promo dinilai menjadi alasan terbesar ketiga dari penggunaan paylater.
|Baca: Respons Bamsoet tentang Gaduh Efek Samping Vaksin Covid-19 AstraZeneca
Di sisi lain, selama Ramadan, jumlah pengguna paylater masih didominasi oleh generasi muda. Tercatat, 71 persen pengguna Kredivo memiliki umur di bawah 35 tahun, sedangkan umur di atas 35 tahun hanya sebanyak 29 persen. Dari jenis kelamin, pengguna Kredivo aktif pria masih mendominasi sebanyak 58 persen dan pengguna aktif wanita sebesar 42 persen.
Selama Ramadan 2024, penggunaan Kredivo di wilayah non-Jabodetabek mengalami peningkatan sebesar 25 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.
Jumlah transaksi naik
Di samping itu, jumlah transaksi di luar Pulau Jawa juga naik sebesar 37 persen dibandingkan dengan Ramadan 2023. Kenaikan ini terutama terlihat di kota-kota prioritas Kredivo, seperti Medan, Batam, Pekanbaru, Balikpapan, Samarinda, Denpasar, Manado, dan Makassar.
Seiring dengan meningkatnya tren belanja offline serta makin intensifnya penetrasi Kredivo ke merchant offline, jumlah dan nilai transaksi Kredivo di merchant offline selama Ramadan 2024 meningkat masing-masing empat kali lipat dan tiga kali lipat dibandingkan dengan Ramadan tahun sebelumnya.
Kredivo mencatat, selama Ramadan 2024, peralatan dan kebutuhan rumah tangga merupakan kategori produk yang memiliki jumlah dan nilai peningkatan transaksi paling tinggi di Kredivo dibandingkan dengan pada Ramadan 2023, disusul dengan kategori kesehatan dan kecantikan, kemudian pulsa dan voucher.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News