Media Asuransi, JAKARTA – Pernah tidak kamu mendengar kalimat ini ‘Kerja keras tidak akan mengkhianati hasil?’ atau ‘Work smart not work hard, percuma saja kalau kerja keras tapi tidak punya strategi’. Kalimat tersebut sering kita temui khususnya dalam dunia kerja. Penasaran tidak lebih penting work hard atau work smart?
Kerja keras tentunya akan membuahkan hasil, tetapi apabila kerja keras ini dibarengi juga dengan kerja cerdas maka akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Kicky Andrie Davetra, Vice President Mass Funding Division di sebuah institusi keuangan nasional menyebutkan saat ini diperlukan pemahaman yang lebih menyeluruh dari kedua metode tersebut.
|Baca juga: Mengenal dan Menerapkan Good Money Habit agar Kondisi Keuangan Menjadi Stabil
|Baca juga: Mengenal Apa Itu Sophomore Slump dan Cara Menghindarinya
Untuk dapat membedakan antara keduanya, Kicky menuturkan work hard sebagai suatu metode yang berfokus pada menyelesaikan pekerjaan dengan cara sebaik-baiknya. Sedangkan, metode work smart akan fokus pada bagaimana kita menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan juga efisien.
Melansir Tugu Insurance, Minggu, 6 Juli 2025, untuk mendapatkan jawaban yang tepat, kamu bisa mengidentifikasi mana yang lebih penting membangun karier antara work hard dan work smart sebagai berikut:
Keunggulan kerja keras :
Kerja keras sebagai kunci kesuksesan
Kerja keras dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang tak pantang menyerah, tidak mudah mengeluh, sampai kita mencapai titik akhir yaitu titik di mana kita mencapai kesuksesan. Setiap melakukan suatu kegiatan, misal, bekerja, kamu pasti memiliki tujuan dan pastinya ingin mencapai kesuksesan maka bekerja keras bisa menjadi suatu solusi untuk mencapainya.
Kerja keras tidak akan mengkhianati hasil
Dalam membangun karier, kerja keras akan menghasilkan sesuatu yang positif bagi diri kita seperti proses pendewasaan dan lainya. Walau mungkin tidak selalu berhasil dalam karier, setidaknya kita mengetahui bahwa diri kita telah berusaha sebaik mungkin dan menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.
|Baca juga: Kenali 4 Modus Penipuan Berkedok Investasi Ini agar Tak Jadi Korban
|Baca juga: 5 Langkah yang Perlu Dilakukan Sebelum Perencanaan Dana Pendidikan
Lebih rajin dan tekun
Orang yang pekerja keras biasanya memiliki sifat rajin dan kemauan yang besar. Maka mereka akan tekun dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Bisa dibilang mereka sangat berdedikasi tinggi terhadap tempat kerjanya.
Keunggulan kerja cerdas :
Bisa mengatur waktu dengan mudah
Dengan bekerja secara cerdas, kamu dapat mengatur waktu dengan lebih baik dengan mengatur daftar prioritas. Selain itu kamu dapat mengatur mana pekerjaan yang dapat memakan lebih banyak waktu dan mana yang bisa kamu selesaikan dengan cepat. Dengan begitu kamu memiliki waktu luang untuk beristirahat sejenak.
Mendapat hasil yang maksimal
Jika kamu memilih untuk bekerja secara cerdas maka kamu dapat membuat suatu sistem kerja dengan teratur. Sehingga hasil yang kamu dapat juga akan sama baiknya dan lebih memuaskan. Selain itu, kamu juga biasanya tidak segan memanfaatkan segala kehadiran teknologi agar mempermudah pekerjaan, memaksimalkan kinerja, juga tentunya menghemat banyak waktu.
Mengambil keputusan dengan tepat
Secara sederhana, bekerja cerdas dapat membantu membuat keputusan yang tepat. Keputusan-keputusan ini pada akhirnya akan membawa mereka ke jalur kesuksesan. Karena dengan bekerja secara cerdas membuat kamu memikirkan strategi yang paling efektif dan efisien dalam mengambil keputusan agar meminimalisir adanya kesalahan.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News