1
1

Amartha Berkolaborasi dengan Accion & Mastercard Genjot Pembiayaan Digital

Ilustrasi fintech | Foto: Ist

Media Asuransi, JAKARTA – Perusahaan fintech, Amartha, berkolaborasi dengan organisasi nirlaba global Accion dan Mastercard Center for Inclusive Growth, badan amal dari Mastercard, untuk meningkatkan pembiayaan digital bagi para pelaku usaha mikro.

Kerja sama ini akan memperkuat kanal digital Amartha, mengembangkan inovasi produk baru, dan meningkatkan customer scoring platform untuk menjangkau usaha mikro yang belum terlayani, terutama yang dijalankan perempuan.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dengan peningkatan kepemilikan rekening bank digital di segmen usia produktif. Pertumbuhan ini didorong penetrasi smartphone dan penggunaan internet yang meningkat di negara ini.

|Baca juga: Amartha dan Hana Bank Bekerja Sama Tingkatkan Inklusivitas Permodalan Bagi UMKM Perempuan

Namun, hanya 51% dari populasi Indonesia yang berjumlah 272 juta memiliki rekening di lembaga keuangan pada tahun 2021, menyisakan hampir separuh populasi tidak memiliki akses perbankan. Dari 64,2 juta usaha mikro dan kecil di negara ini, hanya sekitar 17,5 juta yang berpartisipasi dalam ekosistem digital.

Kesenjangan ini disebabkan tingginya biaya transaksi dalam ekosistem yang belum menyediakan solusi untuk segmen ini. Terdapat kebutuhan mendesak bagi hampir 47 juta pengusaha yang kurang terlayani untuk mengembangkan usaha mereka dengan memanfaatkan digitalisasi yang memprioritaskan kesejahteraan ekonomi mereka secara bertanggung jawab.

Dengan fokus pada pembangunan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat yang kurang terlayani di seluruh Indonesia, Amartha telah menyediakan lebih dari Rp15,5 triliun (US$1 miliar) kepada lebih dari 2 juta perempuan pengusaha mikro di 72.000 desa sejak tahun 2010. Amartha bertujuan untuk memperluas layanan keuangan yang bertanggung jawab kepada jutaan orang lainnya dalam tiga tahun ke depan.

Andi Taufan Garuda Putra, Founder dan CEO Amartha menjelaskan Amartha, Accion, dan Mastercard Center for Inclusive Growth memiliki tujuan bersama, yaitu mengurangi ketidakmerataan akses terhadap layanan keuangan.

|Baca juga: Amartha Berkolaborasi dengan eFishery Hadirkan Layanan Keuangan di Sektor Akualtur

“Kolaborasi ini akan mempercepat inklusi keuangan digital di seluruh wilayah, dengan memanfaatkan pengalaman Amartha dalam membangun infrastruktur keuangan digital yang inklusif untuk menjangkau jutaan orang. Bersama-sama, kami akan menggunakan teknologi untuk menggerakkan ekonomi di tingkat akar rumput di Indonesia dan memperluas manfaat layanan keuangan digital lebih dari sekadar pembiayaan, membuat perbedaan besar di tingkat lokal,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip, Kamis, 18 Januari 2024.

Kemitraan ini menandai langkah selanjutnya dalam kolaborasi berkelanjutan Mastercard Center for Inclusive Growth dengan Accion, yang telah membantu 12,8 juta orang secara global, termasuk hampir enam juta UKM, telah mendapatkan manfaat dari layanan keuangan digital antara tahun 2019 dan 2022.

Ke depan, kedua organisasi ini bertujuan untuk membantu lima juta UKM lainnya, termasuk setidaknya satu juta UKM yang dimiliki perempuan, untuk aktif menggunakan layanan keuangan digital dan meningkatkan keuangan mereka. Layanan yang disediakan dalam kemitraan ini diharapkan dapat mencapai total 10,5 juta orang dalam empat tahun ke depan.

Program multi-tahun ini merupakan bagian dari komitmen global Mastercard untuk menghubungkan satu miliar individu dan 50 juta bisnis ke ekonomi digital pada tahun 2025. Di Indonesia, Mastercard Center for Inclusive Growth telah memberdayakan lebih dari satu juta individu dan UKM dengan literasi digital dan keuangan dalam lima tahun terakhir.

Subhashini Chandran, Vice President, Social Impact, Asia Pasifik, Mastercard Center for Inclusive Growth, mengatakan, sejak berdiri pada tahun 2014, Mastercard Center for Inclusive Growth telah memanfaatkan kompetensi Mastercard untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang adil dan berkelanjutan serta inklusi keuangan di seluruh dunia.

|Baca juga: 36,57% UMKM Terima Pembiayaan dari Fintech P2P Lending

“Mastercard sangat antusias untuk membawa pengalaman dan pengetahuan ini – beserta modal filantropi – ke dalam kemitraan ini dengan Amartha dan Accion, serta menciptakan solusi keuangan digital yang aman, sederhana, dan efektif untuk bisnis kecil di seluruh Indonesia. Kolaborasi ini memperkuat komitmen Mastercard untuk menggerakkan ekonomi digital yang bermanfaat untuk setiap individu di Indonesia.”

Dengan enam dekade pengalaman dalam membangun solusi keuangan inklusif untuk masyarakat yang belum terlayani secara global, tim advisory Accion akan memperkuat layanan Amartha dengan solusi teknis untuk mendigitalkan  layanan keuangan ke mitra di daerah terpencil, memanfaatkan jaringan Amartha untuk menciptakan pelayanan baru bagi klien institusional dan peminjam UKM.

“Ekonomi Indonesia tumbuh dengan cepat. Dengan pertumbuhan itu, muncul kebutuhan untuk secara bertanggung jawab menyertakan mereka yang saat ini belum terlayani dari sistem keuangan,” kata Victoria White, Direktur Manajemen Accion Advisory.

Editor: Achmad Aris

| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Related Posts
Prev Post Munich Re Optimistis Bisnis Tetap Cerah di 2024-2025
Next Post 5 Isu Besar Ini Wajib Diperhatikan Pemangku Kepentingan Asuransi di 2024

Member Login

or