Media Asuransi, JAKARTA – Kebutuhan konsumen tidak ditampik dari waktu ke waktu terus berubah. Perusahaan yang adaptif dan mampu menyesuaikan dengan cepat mempunyai potensi atau peluang lebih besar mendapatkan hati para konsumen atau membangun loyalitas. Pada akhirnya bisa berdampak positif terhadap laju bisnis.
PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) atau Blibli menjadi salah satu perusahaan yang cukup jeli melihat hal tersebut. Blibli pun konsisten berupaya menciptakan berbagai terobosan dan inovasi dalam rangka mengoptimalkan produk, fitur, infrastruktur, sistem dan layanan yang andal dan terpercaya untuk memenuhi kepuasan para pelanggan.
Tak ditampik Blibli mempunyai visi menjadi ekosistem perdagangan pilihan bagi konsumen dan institusi. Sepanjang 2023, misalnya, perseroan berfokus mengembangkan dan memperkuat berbagai sinergi potensial di dalam ekosistem omnichannel terpadu Blibli Tiket yang terintegrasi untuk mendorong penjualan silang antara ketiga platform utama yang dimiliki.
|Baca juga: Gelar Panel Diskusi BUSS ke-2, APPARINDO: Kapasitas Reasuransi Masih Bisa Ditingkatkan via Penggabungan!
|Baca juga: Sah! Randy Lianggara Jadi Bos Baru Sun Life di Pasar Berkembang Asia
Hal tersebut dalam rangka mempercepat pertumbuhan organik, serta memperkuat strategi omnichannel melalui ekspansi toko-toko fisik yang lebih luas untuk kenyamanan berbelanja para pelanggan tanpa hambatan, baik daring maupun luring.
Lebih rincinya, kondisi itu didukung dengan kehadiran omnichannel terintegrasi, dengan beroperasinya 185 toko fisik elektronik konsumen, 62 gerai supermarket premium, dan 30 Dekoruma Experience Center di seluruh Indonesia, per akhir Juni 2024. Tak hanya itu, juga ada opsi pembayaran mudah dan terintegrasi Blibli Tiket PayLater.
Dengan memperkuat sinergi ekosistem dan inovasi omnichannel yang dimiliki, perseroan memiliki aspirasi untuk mendukung kemajuan sistem perdagangan di Indonesia baik daring maupun luring melalui kolaborasi yang kuat antar pemangku kepentingan.
Hal itu termasuk pelanggan, penjual, mitra usaha, karyawan, serta pemegang saham yang pada akhirnya mampu menggiatkan kegiatan perdagangan dan semakin memperkuat kekuatan ekonomi Indonesia di berbagai sektor.
|Baca juga: BCA Umumkan Penerima Program Gebyar Hadiah BCA
|Baca juga: APARI Jadi Tuan Rumah Dive-In Festival 2024 di Indonesia
Namun, kesemuanya tidak terjadi secara instan. Ekosistem yang dibangun dilakukan secara perlahan. Jika ditelisik sedikit ke belakang, pada Februari 2023, misalnya, perseroan mengintegrasikan fitur BlibliPay di platform Blibli dengan platform agen perjalanan daring atau Online Travel Agent (OTA) tiket.com.
Upaya itu memungkinkan seluruh pengguna Blibli dan tiket.com dapat menikmati fitur pembayaran, pengembalian uang dan penarikan saldo dari satu dompet digital yang sama dan terintegrasi.
Dilanjutkan pada Maret 2023, ‘Blibli Tiket Rewards’ meluncur, suatu program loyalitas terpadu untuk seluruh pengguna platform Blibli dan tiket.com, yang memungkinkan pelanggan dapat menikmati berbagai kemudahan, kenyamanan, dan manfaat dengan melakukan earn and spend points yang sama dan terintegrasi di dalam ekosistem Blibli Tiket.
Masih di bulan yang sama, Blibli terus memacu ekspansi bisnis dengan secara resmi membuka toko elektronik konsumen ‘hello’ (toko merek-tunggal Apple) di Mal Kuningan City, Jakarta, dan menandai Blibli sebagai mitra pengecer resmi merek Apple di Indonesia.
Toko hello berfokus memberikan berbagai nilai tambah yang menguntungkan kepada para pelanggan dengan tiga nilai inti utama antara lain keaslian produk, layanan pelanggan yang profesional, dan jaminan garansi. Blibli telah mengoperasikan sebanyak 10 toko hello per akhir 2023.
Tak berhenti sampai di situ, pada April 2023, perseroan menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dalam rangka mengakselerasi terciptanya ekosistem perdagangan halal di platform Blibli.
|Baca juga: Top! Tugu Insurance Boyong Penghargaan Asuransi Paling Efisien di BIFA 2024
|Baca juga: Ladies Merapat! Zurich Perkenalkan Asuransi Khusus Wanita Demi Karier Kian Bersinar
Melalui sinergi ini, Blibli menjadi platform e-commerce pertama di Indonesia yang terpercaya dalam menyediakan berbagai macam produk halal, penjual amanah, dan layanan gudang halal. Selain itu, Blibli memiliki kumpulan data produk halal terintegrasi dengan BPJPH dan bertindak sebagai fasilitator bagi para penjual dalam mendapatkan sertifikasi halal untuk produk.
Kemudian di Mei 2023, perseroan memulai pembangunan gudang baru di Marunda, Jawa Barat, suatu gudang all-in-one-techpowered by Blibli dalam rangka mendukung komitmen perseroan dalam memelopori manajemen rantai pasok dan logistik yang pintar. Per akhir 2023, perseroan telah mengoperasikan 15 gudang dengan jumlah luas area sebesar 130 ribu m2.
Masih belum puas, di Juni 2023, perseroan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), di mana seluruh mata agenda yang diajukan, termasuk penunjukan satu anggota direksi baru dan pembentukan Program Kepemilikan Saham Manajemen dan karyawan telah disetujui.
Pada bulan yang sama, Blibli memperluas jangkauan penggunaan ‘Blibli Tiket Rewards’ kepada seluruh pengguna dan pelanggan gerai Ranch Market dan Farmers Market di Indonesia. Hal ini mencerminkan perwujudan dari nilai tambah serta kemudahan yang ditawarkan kepada seluruh pelanggan dalam memenuhi beragam kebutuhan dalam satu ekosistem omnichannel.
Sedangkan dalam rangka perayaan ulang tahun yang ke-12, pada Juli 2023, Blibli menyelenggarakan beragam kegiatan di momen Car Free Day di Jakarta. Pada bulan yang sama, Blibli bekerja sama dengan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) berekspansi usaha dengan membuka Samsung Experience Store (SES) terbesar dan terlengkap di kota Malang, Jawa Timur.
Sementara itu, pada Agustus 2023, Blibli memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia dengan Kampanye Pejuang Lokal #TakGentarCekoutSekarang dengan menggaet empat merek lokal inspiratif yaitu Acaii Tea, Buttonscarves, Eiger, dan Realfood. Kampanye ini merupakan salah satu komitmen terhadap pengembangan produk lokal.
Tak berhenti di situ, pada September 2023, Blibli berkolaborasi dengan Meta memperkenalkan fitur inovatif terbaru ‘Iklan Meta di Bliklan’. Fitur ini membantu para penjual mengembangkan usaha melalui pemasaran digital. Inovasi ini sekaligus langkah Blibli sebagai platform e-commerce pertama di Indonesia yang terintegrasi secara seamless dengan Meta Ads.
|Baca juga: Kehadiran AI Bagai Pedang Bermata 2 bagi Industri Asuransi, Apa Iya?
Di bulan yang sama, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA menggandeng platform tiket.com menggelar perhelatan BCA x tiket.com Travel Fair 2023 yang berlokasi di atrium utama Mal Gandaria City, Jakarta. tiket.com berkomitmen menyediakan solusi lengkap untuk kebutuhan wisata juga perjalanan, termasuk berbagai inovasi yang sesuai kebutuhan pelanggan.
Laju bisnis terus digenjot dengan di Oktober 2023, perseroan melakukan penyegaran logo untuk platform e-commerce Blibli. Hal ini simbol dari perjalanan baru Blibli sebagai ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup terintegrasi. Dengan semangat “Simplify to Amplify”, identitas baru menekankan kepada kesederhanaan, keberagaman dan keteraturan.
Masih pada bulan yang sama, perseroan menggelar paparan publik tahunan 2023 yang dilakukan secara virtual. Paparan publik ini merupakan paparan publik pertama yang dilakukan semenjak perseroan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) serta untuk memenuhi kewajiban sebagai perusahaan publik tercatat
Inovasi terus digenjot. Di November 2023, sebagai program keberlanjutan dari ekosistem Blibli Tiket bersama venture builder Ecoxyztem–Blibli Tiket ACTION, perseroan menyelenggarakan Langkah Membumi Festival 2023 di SCBD Park, Jakarta. Program sustainability Blibli Tiket Action ini untuk membantu mewujudkan masa depan berkelanjutan dan bumi yang lebih lestari.
Mengusung tema besar ‘One Action, One Earth‘ yang merepresentasikan kekuatan aksi kolektif dalam memerangi perubahan iklim, festival ini menjadi melting pot yang mempertemukan ecopreneur, pihak swasta/pelaku industri, serta penggiat keberlanjutan dalam mewujudkan visi bersama menciptakan Indonesia yang lebih berkelanjutan.
|Baca juga: 2 Perusahaan Asuransi Mau Tutup, Regulasi Ketat Jadi Biang Keroknya?
Sebagai informasi, berdiri sejak 2010, PT Global Digital Niaga Tbk merupakan pelopor ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup di Indonesia yang fokus melayani konsumen ritel dan institusi yang terhubung secara digital. Pada 2017, perseroan mengakuisisi PT Global Tiket Network (penyedia platform agen perjalanan daring (OTA) –tiket.com).
Langkah itu untuk memperluas layanan hingga meliputi perjalanan, akomodasi, dan pengalaman gaya hidup. Selanjutnya pada 2021, ekosistem omnichannel perseroan semakin lengkap dengan penambahan penawaran produk segar dan kebutuhan sehari-hari melalui akuisisi PT Supra Boga Lestari Tbk (Ranch Market).
Supra Boga Lestari merupakan perusahaan pengelola sejumlah gerai supermarket premium seperti Ranch Market dan Farmers Market. Supra Boga Lestari telah mengoperasikan sebanyak 65 gerai supermarket premium per akhir 2023.
Perseroan memiliki ekosistem omnichannel terpadu yaitu Blibli Tiket, yang menegaskan sinergi antara Blibli, tiket.com dan Ranch Market di dalam suatu ekosistem terintegrasi yang memberikan kemudahan pengalaman berbelanja serta bernilai tambah bagi pelanggan dengan menyediakan layanan lengkap, bermanfaat juga terintegrasi di setiap titik interaksi konsumen.
Selanjutnya pada 2023, ekosistem Blibli Tiket meluncurkan program loyalitas terpadu bernama Blibli Tiket Rewards, yang menawarkan berbagai program loyalitas yang terintegrasi kepada seluruh pelanggan di dalam ekosistem, termasuk platform e-commerce, platform OTA, toko fisik elektronik konsumen dan gerai supermarket.
Adapun 2023, perseroan tidak mengalami perubahan nama perusahaan. Perubahan nama perusahaan terakhir dilakukan pada 2022, dari PT Global Digital Niaga menjadi PT Global Digital Niaga Tbk, yang mulai berlaku secara efektif pada 2 Juni 2022.
Hal itu sesuai dengan Akta Perubahan Terakhir Perseroan No. 2 tanggal 2 Juni 2022, yang dibuat di hadapan Christina Dwi Utami, S.H., M.Hum., M.Kn., Notaris di Kota Jakarta Barat, dan telah memperoleh persetujuan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, sebagaimana ternyata dalam surat persetujuan No. AHU-0036990.AH.01.02.TAHUN 2022
“Perseroan percaya strategi untuk tumbuh berkelanjutan adalah dengan bersinergi dan berinovasi sebagaimana yang telah dijalankan saat ini, serta diimbangi dengan pelayanan yang prima untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang terbaik,” kata Komisaris Utama Blibli Martin Basuki Hartono.
Direktur Utama Blibli Kusumo Martanto mengatakan melalui sinergi ekosistem Blibli Tiket dan pengembangan inovasi strategi omnichannel, perseroan optimistis dapat mengoptimalkan produk, fitur dan layanan untuk mendorong penjualan silang antar ketiga platform utama perseroan.
|Baca juga: BRI Edukasi Masyarakat Hindari Modus Penipuan Lewat Suara Merdu Vidi Aldiano
|Baca juga: Wacana Subsidi BBM Dicabut, Asuransi Kendaraan Bakal ‘Kena Getah’?
“Yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat lebih bagi seluruh pemangku kepentingan,” kata Kusumo.
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memproyeksikan sektor jasa keuangan nasional pada 2024 relatif stabil didukung oleh modal kuat, likuiditas memadai, dan profil risiko yang terjaga. Sedangkan menurut laporan Indonesia Digital Economy 2024, sektor e-commerce nasional diperkirakan tetap memiliki peranan krusial dalam pertumbuhan ekonomi digital pada 2024.
Kondisi itu didukung oleh transaksi daring yang meningkat. Tren ekonomi digital diharapkan akan terus berkembang, didorong oleh penerimaan yang meningkat terhadap pembelian daring, ekspansi pembayaran digital, dan layanan perbankan digital yang semakin luas dan cepat.
“Melihat adanya prospek usaha yang positif di masa depan, perseroan akan terus berfokus pada strategi omnichannel untuk menyediakan solusi produk dan layanan yang terpersonalisasi sehingga mampu memberikan pengalaman berbelanja terbaik kepada pelanggan,” kata Kusumo.
Blibli juga terus mengembangkan berbagai potensi sinergi di dalam ekosistem yang dibangun melalui tiga platform utama yakni Blibli, tiket.com, dan Ranch Market, yang juga didukung oleh program loyalitas terpadu Blibli yakni Blibli Tiket Rewards yang kini berlaku untuk transaksi offline di toko elektronik konsumen dan gerai supermarket di dalam ekosistem Blibli Tiket.
“Lebih jauh, perseroan akan terus beradaptasi dan berinovasi dengan meluncurkan berbagai produk dan layanan bernilai tambah, termasuk penyempurnaan layanan yang sudah ada. Upaya ini diharapkan meningkatkan kepercayaan pelanggan, menghasilkan peningkatan retensi, dan jumlah pesanan di platform-platform perseroan ke depannya,” pungkasnya.
Editor: Angga Bratadharma
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News