Media Asuransi, JAKARTA – Cimory (Cisarua Mountain Diary/CMD), perusahaan produk olahan susu dan makanan premium, akan menggelar initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan ticker CMRY. Produk CMD meliputi susu segar, yogurt, sosis, dan makanan olahan lainnya. Cimory memiliki produk unggulan seperti merk Cimory dan Kanzler.
Hingga 30 Juni 2021 (6M21), Cimory menghasilkan penjualan senilai Rp1,6 triliun, tumbuh 115,1% YoY. Penjualan ini dikontribusikan oleh segmen produk olahan susu (66,8%) dan makanan konsumsi (33,2%). Alhasil, Cimory dapat mencetak laba bersih Rp364 miliar (net profit margin = 23,0%).
Cimory akan melepas 15% saham (1,19 miliar saham) di kisaran harga Rp2.780 – Rp3.160 per lembar. Lewat IPO ini, Cimory berpotensi meraih dana segar senilai Rp3,31 triliun – Rp3,76 triliun. Berikut adalah rencana penggunaan dananya:
Baca juga: 4 Saham Menu Trading Hari Ini 11 November 2021
- 33% untuk menambah kapasitas produksi olahan susu
- 25% untuk permodalan entitas anak di bidang pengolahan dan pengalengan makanan
- 20% untuk permodalan entitas anak di bidang keagenan dan distributor
- 15% untuk ekspansi jaringan distribusi
- 7% pembiayaan operasional harian
Perlu digarisbawahi, entitas Cimory yang akan menggelar IPO adalah yang bergerak di bidang olahan susu dan makanan (FMCG). Sedangkan entitas bisnis Cimory di bidang pariwisata tidak termasuk.
Performa Cimory tumbuh cukup stabil sejak sebelum pandemi. Penjualan dan laba bersih Cimory selama 6M21 telah melebihi capaian 12M.
Dengan harga penawaran tersebut, valuasi price-to-earnings ratio (PER) CMRY berada di 44x – 50,1x. Valuasi ini lebih mahal dibanding kompetitornya, yaitu ULTJ (19,0x*) dan DMND (33,1x*). Aha
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News