PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bekerjasama dengan AccorHotels dan Mastercard meluncurkan kartu kredit co-brandhotel pertama di Indonesia, CIMB Niaga Le Club AccorHotels Card. Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan bahwa kolaborasi CIMB Niaga, AccorHotels, dan Mastercard ini dapat memaksimalkan potensi bisnis kartu kredit di bidang hospitality sejalan dengan tren gaya hidup masyarakat yang gemar melakukan travelling.
Menurut dia, kartu kredit baru ini hadir untuk mendukung gaya hidup masyarakat yang kerap melakukan perjalanan baik wisata maupun bisnis, dengan memberikan beragam keuntungan dan kemudahan dalam bertransaksi pada jaringan AccorHotels di seluruh dunia. “Kerja sama ini memberikan nilai tambah bagi para pemegang kartu dengan penggabungan berbagai promo dan keunggulan dari masing-masing perusahaan. Dengan demikian customer experience menjadi lebih bagus lagi sebagai fokus utama kami bagi para nasabah,” kata Lani dalam peluncuran kartu kredit tersebut di Jakarta, 31 Januari 2019.
Kartu kredit CIMB Niaga Le Club AccorHotels diterbitkan dalam dua jenis yaitu Platinum bagi nasabah yang dinamis dan World untuk nasabah yang sering bepergian. Kartu kredit ini dapat digunakan untuk bertransaksi di lebih dari 4.600 properti AccorHotels pada lebih dari 100 negara di dunia. Setiap transaksi menggunakan kartu kredit ini akan memperoleh poin rewards yang dapat ditukarkan dengan menginap gratis di properti AccorHotels di seluruh dunia
Kartu kredit CIMB Niaga Platinum Le Club AccorHotels dibekali beragam keunggulan seperti welcome bonus berupa poin rewards, penawaran eksklusif, serta privileges untuk mengikuti berbagai event dan travel yang dilakukan AccorHotels. Keunggulan yang sama dan beberapa benefit tambahan juga diberikan kepada para pemegang kartu kredit CIMB Niaga World Le Club AccorHotels.
Benefit tambahan yang diterima pemegang kartu kredit CIMB Niaga World Le Club AccorHotels yaitu keanggotaan silver pada Accor Plus. Sebagai anggota, mereka akan mendapatkan keuntungan gratis menginap satu malam di jaringan AccorHotels terpilih di Asia Pasifik serta gratis makanan dan diskon hingga 50 persen di lebih dari 1.100 restoran jaringan AccorHotels Asia Pasifik.
Head of Retail Product CIMB Niaga Budiman Tanjung menargetkan dapat mengakuisisi 15-20 persen dari member AccorHotels. Menurut Vice President Sales Marketing Distribution AccorHotels Indonesia, Malaysia, and Singapore Adi Satria menambahkan terdapat 1,5 juta member AccorHotels di Indonesia.
Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan menyatakan hingga penghujung 2018 secara nominal transaksi kartu kredit tumbuh berkisar 5-6 persen secara tahunan. Adapun jumlah nominalnya berkisar Rp8,5 triliun, dengan NPL di bawah 1,7 persen. “Transaksi kartu kredit untuk travel related setiap tahun naik 25 persen, sedangkan e-commerce naik tiga kali lipat setiap tahun. Kartu kredit kita targetkan tumbuh 7,5-8 persen yoy di 2019,” ujar Lani saat menjawab pertanyaan wartawan.
Sementara itu, Chief Operating Officer AccorHotels Malaysia, Indonesia, Singapura and South Asia Garth Simmons mengatakan bahwa inisiatif penerbitan kartu kredit co–brand hotel antara AccorHotels sebagai grup perhotelan internasional yang juga memiliki jaringan kuat di Indonesia dengan CIMB Niaga selaku bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia adalah langkah yang tepat. Pasalnya, Indonesia merupakan negara dengan pasar kelas menengah yang sedang tumbuh pesat.
Dia jelaskan, AccorHotels adalah operator hotel internasional terbesar di Indonesia yang mengelola lebih dari 120 hotel. Seiring dengan pertumbuhan pariwisata domestik yang diprediksi akan mencapai 275 juta wisatawan pada tahun 2019, kami percaya Indonesia adalah pasar yang tepat untuk meluncurkan kartu kredit co–brand AccorHotels pertama di dunia. “Kemitraan dengan CIMB Niaga memungkinkan kami untuk terus meningkatkan proposisi nilai dan manfaat yang lebih banyak bagi anggota Le Club AccorHotels di Indonesia,” kata Garth. Edi
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News