Media Asuransi – Perubahan iklim global yang dirasakan paling ekstrim selama satu dekade terakhir berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat. Tahun 2021, tema Hari Bumi adalah ‘Restore Our Earth’ yang berfokus pada proses alam, perkembangan teknologi ramah lingkungan, dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia. Fokus tersebut konsisten dengan usaha yang telah dilakukan oleh Allianz Indonesia selama beberapa tahun terakhir sebagai bentuk komitmen terhadap lingkungan.
“Selama lebih dari dua dekade, Allianz Indonesia terus berupaya mengembangkan dan menjaga bisnis yang kuat dan berkelanjutan dengan menyediakan solusi asuransi dan keuangan. Kami sepenuhnya menyadari bahwa tindakan yang kami ambil hari ini akan menjadi landasan bagi generasi mendatang. Kami percaya dengan menanamkan perspektif keberlanjutan di seluruh lini operasi, akan dapat menjadi pendorong kesuksesan jangka panjang perusahaan,” kata Chief Marketing Officer, Allianz Life Indonesia, Karin Zulkarnaen, dalam keterangan resmi yang dikutip Media Asuransi, Sabtu, 24 April 2021.
Baca juga: Allianz Indonesia Dukung Penetrasi Asuransi di Indonesia Melalui Digitalisasi
Komitmen Allianz Indonesia untuk melakukan bisnis yang berkelanjutan terlihat dari transformasi digital yang terus dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Kini Allianz Indonesia menyediakan berbagai layanan digital yang terbukti berhasil mengurangi penggunaan kertas, seperti Allianz Discover, portal Allianz eAZy Connect, serta layanan polis elektronik.
Dengan memilih polis elektronik ini berarti dapat mengurangi penggunaan kertas sebanyak 26 lembar dalam setiap penerbitan polis cetak. Allianz Indonesia juga secara aktif melibatkan lebih dari 34.000 mitra bisnis untuk menggunakan berbagai perangkat digital tidak hanya untuk memberikan kemudahan dan kecepatan, tetapi juga untuk lebih sadar lingkungan dengan mengubah kebiasaan kerja dengan dukungan teknologi terkini.
Baca juga: Allianz Indonesia Salurkan Bantuan ke Sejumlah Daerah Terdampak Bencana Alam di Indonesia
Pada tahun 2020, Allianz Indonesia membuat kemajuan signifikan dalam menjalankan bisnis secara bertanggung jawab. Dengan diberlakukannya kebijakan bekerja dari rumah dan pembatasan sosial sejak awal pandemi, Allianz Indonesia telah mengurangi 22,86 persen dari konsumsi energi dan 51,74 persen dari konsumsi air dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Limbah pada kantor pusat Allianz Indonesia juga tercatat menurun sebesar 77,89 persen atau sebesar 82.548 kilogram dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam mengurangi sampah.
Baca juga: Allianz Indonesia Gelar Webinar Peringati International Women’s Day 2021
Salah satu program yang menjadi fokus dalam tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Allianz Indonesia adalah lingkungan hidup. Kami secara konsisten mendukung program Bank Sampah sejak tahun 2018 di gedung kantor pusat Allianz Indonesia di mana kami mengajak karyawan maupun masyarakat sekitar untuk membawa sampah yang telah dipilah untuk disetorkan ke Bank Sampah. Sehingga sampah rumah tangga pun memiliki nilai produktif.
Selain itu, dalam rangka World Clean Up Day, sejak tahun 2019 Allianz Indonesia juga melakukan gerakan tanam 3.000 mangrove di Muara Tawar, Bekasi, sebagai bagian kampanye tanam mangrove untuk setiap polis elektronik yang diterbitkan. Sedangkan di tahun 2020, Allianz Indonesia kembali melakukan penanaman 2.000 pohon mangrove dan kegiatan pembersihan di Pulau Pramuka. Ken
| Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News