Allianz Indonesia Dukung Remaja Menjadi Entrepreneur Dalam Kegiatan Global Money Week 2021

Media Asuransi – Pandemi memang mengubah semua tatanan kehidupan. Bahkan, remaja juga terdampak karena kondisi tersebut. Meski demikian, sebagai remaja yang kreatif dan penuh inovasi, mereka masih bisa mengubah keadaan finansial. Ada banyak cara untuk mengubah keadaan finansial di antaranya yaitu dengan pintar mengatur keuangan atau menjadi wirausahawan/entrepreneur muda.

Berangkat dari hal tersebut, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bekerja sama dengan BTPN Jenius, CewekBanget.id dan HAI Online baru-baru ini menyelenggarakan webinar Youth Talks dengan judul Earn Hard, Plan Hard.

Baca juga: Allianz Life Syariah Dukung Halodoc & Gojek Sediakan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Gratis untuk Lansia

Kegiatan ini sekaligus merupakan rangkaian event tahunan Global Money Week, yang diperingati setiap bulan Maret (22–28 Maret 2021). Adapun  pelaksanaan tahun ini bertema Take Care of Yourself, Take Care of Your Money. Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli secara aktif dan konsisten mendukung penuh program tahunan ini sejak tahun 2013.

Perwakilan Yayasan Allianz Peduli, Fitri Estiwardani, mengatakan bahwa dukungan Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli untuk Global Money Week merupakan bagian dari komitmen besar perseroan untuk terus melakukan literasi keuangan ke masyarakat luas, khususnya kepada para generasi muda agar cerdas mengelola keuangan mereka. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan edukasi untuk menciptakan generasi yang cerdas secara finansial serta mampu mengasah bakat entrepreneurship, sehingga dalam tujuan jangka panjang mampu membantu menciptakan perekonomian negara yang lebih baik,” ujar Fitri Estiwardani, dalam keterangan resmi yang diterima Media Asuransi, Kamis, 1 April 2021.

Hadir membuka acara dan mendukung penuh kegiatan ini,  Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kristrianti Puji Rahayu. Menurut Kristianti, milenial sebagai generasi yang adaptif terhadap teknologi digital diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha sehingga tercipta milenial-preneur baru, yang dapat menciptakan lapangan kerja serta meningkatkan peran untuk membangkitkan sektor UMKM dengan transformasi digital. Dalam rangka mengakselerasi tingkat literasi dan inklusi keuangan serta memperkuat UMKM, milenial sebagai agent of change dapat menjadi duta literasi dan mengakses berbagai inovasi produk keuangan untuk mengembangkan bisnisnya,” katanya.

Baca juga: Telkomsel dan Allianz Indonesia Hadirkan Paket Data Telkomsel Proteksi

Dalam acara ini, Digital and Growth Consultant, Jonathan End, menyebutkan pentingnya saving dan proteksi keuangan bagi diri kita, “Mencari pemasukan itu penting, tapi jangan lupa juga mengelola keuangan dengan baik agar uangnya tidak habis. Tingaktkan pemasukan kamu dari side hustle dan bisnis kecil-kecilan, jangan lupa persiapkan dulu dana darurat dan asuransi buat jaga-jaga, sehingga kita bisa lebih nyaman menabung dan investasi,” tegasnya.

Lanjut Jonathan, proteksi dan saving yang merupakan bagian dari mengatur keuangan, dapat mengantarkan kita menjadi seorang entrepreneur muda. Sebab, entrepreneur harus memiliki kemampuan pengaturan keuangan yang baik. Dengan kata lain, mulai atur keuangan sebelum menjadi seorang entrepreneur.

Pebisnis muda yang juga hadir dalam acara ini, Wirda Mansyur, mengungkapkan ada beberapa hal yang perlu disiapkan jika kita ingin menjadi entrepreneur muda.  Menjadi seorang pengusaha itu sebenarnya tentang mindset, jadi harus mempunyai mindset yang seluas mungkin, seterbuka mungkin, mau belajar terus dan willing untuk melakukan perubahan dan pantang mundur jadi semangat terus ke depan, pikirannya tentang ke depannya terus.

Salah satu perwakilan Allianz LifeChanger, Haffi Achdiputra, mengingatkan kaum muda untuk tidak berhenti belajar khususnya soal literasi keuangan. “Banyak pembelajaran soal literasi keuangan yang kita dapati di LifeChanger. Kita enggak bisa sukses sendiri, jadi aku harus mengajak teman-teman yang lain untuk bisa sukses bersama. Setiap orang punya preferensi masing-masing, jadi kenali diri kita dulu dan bisa manage keuangan itu wajib hukumnya,” tuturnya.

Baca juga: Allianz Indonesia dan HSBC Indonesia Perluas Jalur Distribusi Bancassurance

“Di masa pandemi ini, semua orang menghadapi berbagai tantangan baru dalam kehidupan, tak terkecuali generasi milenial dalam hal kesempatan berkarir. Melalui program LifeChanger para generasi muda tidak hanya dapat mengembangkan potensi diri sendiri sebagai seorang entrepreneur, tapi juga membawa perubahan yang baik untuk orang lain,” ujar  Business Development for Millennials Allianz Indonesia, Ratna Juwita Hasibuan.

Satu hal lagi yang tidak boleh remaja lewatkan adalah pentingnya menabung sejak dini. Turut mendukung rangkaian acara Global Money Week 2021, Jenius, solusi life finance dari Bank BTPN, juga berkomitmen untuk meningkatkan literasi finansial generasi muda Indonesia melalui platform Jenius Co.Create.

“Kami percaya bahwa kebiasaan mengelola finansial perlu dibentuk sejak dini. Melalui platform Jenius Co.Create, masyarakat digital savvy termasuk remaja, dapat bergabung dan mengikuti beragam kelas untuk mengembangkan diri, menyuarakan pendapat dan ide, serta membangun networking. Jenius Co.Create mengadakan kelas dan workshop secara reguler dengan topik keuangan, teknologi, dan kreativitas. Kelas dan workshop tersebut diisi oleh narasumber, antara lain dari kalangan pakar, business coach, serta praktisi,” jelas Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, Waasi B SumintardjaWiek